“Sehari 10 Orang Teman”

Image
Bunda saya pernah bilang, janganlah  engkau mencari musuh, tapi carilah teman sebanyak mungkin. kenapa ? karena  dengan memiliki banyak teman, engkau akan lebih punya banyak ilmu. itulah mengapa saya memaksa diri saya sendiri untuk membuat target mencari teman sebanyak-banyaknya.

 

Jika beberapa tahun yang lalu, ketika pertama kali saya membuat blog dan kemudian belajar menjadi blogger, belajar menjadi admin dibeberapa situs, belajar aktif di beberapa organisasi, jiwa saya menjadi sangat hidup. saya banyak belajar tentang berbagai macam karakter orang, berbagai hal dari tulisan-tulisan yang di posting dan saya mengambil hikmah yang besar dari sana.

 

Teman bisa di cari dimana saja, di kantor, di perjalanan, di lingkungan rumah, di blog, di kampus, dan di beberapa situs-pun bisa seperti halnya disini. yang penting niat dan tujuan-nya baik.

 

Ketika saya mengembara mengarungi tulisan demi tulisan yang di posting para senior saya, sungguh itu suatu hal yang bisa memperbaiki kebodohan saya tentang banyak hal yang saya tidak ketahui sebelumnya. Bukankah Allah SWT sudah menyediakan ilmu seluas samudra yang takkan pernah habis kita timba. tinggal bagaimana cara kita mendapatkan ilmu tersebut.
 
Apakah hanya dengan diam, ataukah dengan banyak membaca, banyak berorganisasi, banyak mengenal orang, banyak berinteraksi positif dengan orang-orang disekeliling kita. Tidak hanya kepada orang sukses kita bisa berguru, tetapi pada semua jenis makhluk Tuhan yang ada di bumi ini. Pada semut, pada kancil, kepada gigihnya seorang dosen, pada kesabaran seorang  dokter, pada kesederhanaan seorang  pengemis dan banyak lagi yang bisa kita jadikan guru (pelajaran hidup)

 

Dan ketika semuanya bisa bersinergi  dalam kehidupan saya, dan saya bisa mendapatkan hikmah positif yang besar, disitulah saya akan merasa  bahwa hidup dan semangat saya membara,  menghidupkan mesin kehidupan ini menjadi berlari begitu cepat untuk mencapai tujuan hidup saya.
Bukankah memperbanyak teman itu artinya menyambung tali silaturakhmi, dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأُ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturahimnya.” (HR. Al-Bukhari)

 

Dan haditz ini menjadi salah satu alasan penting selain alasan-alasan saya di atas, semoga Allah SWT memberikan kita semua (*orang-orang yang memperbanyak teman, menyambung silaturakhmi), diberikan rizky yang melimpah dari segala pintu dan memberikan panjang umur  yang panjang yang bisa kita manfaatkan untuk lebih banyak berbuat kebaikan
Amin ya Rabb🙂

Image

 

(*Tulisan ini saya posting juga di http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/03/03/sehari-10-orang-kawan-539701.html)
 

11 Responses

  1. selamat malam diajeng , adiku. woalah lega deplong gembira sekali saya bisa menyapamu kali ini.dari dulu rasanya tak ada yg berubah,.tetap ceria,semangat dan selalu menginspirasi …

    semoga tetap sehat selalu. salam hangat

    • kang andi, walah…lama juga tdk membaca tulisanmu kang….gimana kabar, semoga selalu sehat……blog kamana atuh kok gak bs di klik…..eleh…eleh……piye iki ?😀

  2. 143 forever

  3. Benar sekali dan bahkan Allah kan udah bilang “Dan dari perut-perut mereka keluarlah cairan madu, yang menjadi obat. Sunnguh dalam hal itu tampak tanda kekuasaan Allah bagi merekayang berfikir” dalil tentang lebah (Mohon maaf kalo dalilnya salah). Jadi sebenarnya kita bisa belajar apa saja di mana saja.

    satu hal yang selalu saya ingat, seorang cewek yang saya cintai berkata: YANG TERPENTING BUKAN DI MANA ILMU DI DAPAT TAPI DI MANA ILMU ITU BISA DIAMALKAN…!!!😀
    Salam 2Pai

  4. dengan begitu marilah kita senantiasa menjalin sillaturrahmi pada semanya,,

  5. Sudah cukup lama saya tidak berkunjung ke blog ini,
    kalau-kalau berminat mengikuti lomba ngeblog berhadiah,
    says share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

  6. setahun berapa ratus teman yang bs didapat?

  7. post-nya disini bagus-bagus mbak diajeng, salam kenal yo.

  8. Setuju… Mencari teman Sulit, Mencari Musuh Itu Mudah

  9. wah.. mba diajeng update banget blognya..
    sukses selalu dan keep bloging sist😀

  10. slam kenal kenal dari yandi biar nambah teman gitu!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: