“Cerita Sore Bersama Nissa”

Rain1Rain1Rain1Rain1

Baru saja siang tadi aku menelfon Nissa, tiba-tiba sore ini dia sudah memarkir mobilnya di depan rumah…..langsung aja dia menerobos ke kamarku. Aku terbengong-bengong sambil lihat kalender, bukannya ini hari minggu ya ?

“Nis, ini bukannya minggu ? tadi waktu aku telfon kamu lagi dimana ?,” tanyaku heran

Dia menjawab sambil mengunyak peyek sisa-an kemarin di kampus,” tadi aku di kos, makanya aku kesini, bete…besok meeting, ini kan harpitnas ya, harusnya aku sudah bareng misuaku ke bandung,” sungutnya. walah, kok nasibnya sama denganku, hehehehe…besok juga aku masuk.

“Gimana kabarmu  Ai…sejak sibuk kamu sudah ngga inget aku,” gerutunya sambil  mengambil laptopku untuk di acak-acak seperti biasa.

“Wuiiihh….jurnal semua isi laptopmu Ai, aahhh…memusingkan hidupmu, apalagi sih yang kamu cari ? Kerja sudah, ngajar sudah….apa ngga capek hidupmu penuh dengan aktivitas ? tanya-nya

“hmm….ngga Nis, hidupku sepi sekali tanpa beraktivitas….dengan begini, aku sedikit bisa membunuh sepi yang setiap malam mendera,” sahutku tersenyum

Nissa tertawa kecil,” makanya nyari lagi…..apa mau gue cariin…dikantor banyak tuh…hahahaha” tawa-nya sambil melempar bantal ke arahku.

Aku hanya tersenyum tanpa membalas candaan-nya.Tiba-tiba dia bertanya sambil mengangkat bingkai foto, ini tulisan-mu Ai…untuk siapa ? Tiba-tiba dengan keras dia membaca tulisanku :

  • Aku ingin selalu menjaga-mu baik lewat lisanku atau tindakanku supaya kamu tidak tersakiti
  • Aku ingin menjaga candaanku dengan siapapun supaya  hatimu tidak perih saat menatapku
  • Aku ingin selalu membuatmu nyaman ada disisiku dan selalu tersenyum sepanjang waktu
  • Aku  tidak akan bercerita tentang siapapun ke temen2 kita, karena aku tidak ingin melihat hatimu terluka, aku pasti akan menjaga hatimu, sebagaimana aku menjaga hatiku sendiri.
  • Aku akan selalu meminta ijin-mu saat kemanapun aku pergi, dengan siapapun aku bertemu, karena kamu adalah bagian dari aku

Aiiii…..ini tulisan kapan, kok aku baru liat…untuk siapa ? kamu lagi dekat dengan siapa….kenapa kamu ngga cerita ?,” dia mendesakku. hmm….salah juga aku ngga sempat ngumpetin tulisan itu…waduuh musti aku jawab apa ya ?

“hmmm….ngga usah di bahas ya Nis, itu hanya tulisan lama kok,” jawabku.

“Aku ngga percaya, kamu pasti sembunyikan sesuatu dariku…biasanya kamu ngga begini ai, semua kamu ceritakan…ayo dunk cerita,” desaknya.

Aku tersenyum,” Belum ada yg bisa ku ceritakan Nis, aku baik-baik saja.” Nissa cemberut karena tidak berhasil mengorek cerita dariku. kemudian dia duduk menatapku dan dia bilang,” Ai, aku mau serius ngomong dan aku ngga mau becanda, kamu tahu ngga aku saja capek melihat hidupmu yg terlalu nerimo dengan keadaan, semua kamu hadapi dengan senyum, orang nyakitin kamu…. kamu diam….orang  meneror kamu, kamu diam…..orang meminta hasil kerja kerasmu, kamu serahkan….orang memperlakukanmu seenaknya kamu pasrah…..kamu ngga bisa begini, hidup ini perlu diperjuangkan, ngga bisa kamu pasrah dengan keadaan…..memang sih takdir sudah di tentukan tapi kan kita ngga bisa dunk selalu nerimo dan membiarkan orang memperlakukanmu dengan tidak adil,” katanya

Aku menatapnya dengan senyum,” Nissa, apa kamu setuju kalo aku bilang bahwa hidup ini hanya sebentar ? untuk apa kita menyikapi segala sesuatu dengan kemarahan, toh yang terjadi sudah atas se-ijin-NYA. aku hanya ingin berbuat kebaikan semampuku, hanya ingin membahagiakan orang-orang yg aku sayangi…itu saja, sambil aku mencari bekal menuju syurga-NYA insya Alloh….ketika jiwa kita di uji oleh duniawi dan kita terbawa arus didalamnya, kita akan terjebak….kita syukuri saja setiap kejadian dengan penuh syukur. yg bisa kita lakukan hanya bersabar dan bersyukur, sampai Alloh memeluk kita dan memanggil kita untuk pulang,” kataku

Dia menggerutu mendengar jawabanku,” males ah, kamu selalu begitu….awas aja kalo kamu sampai tersakiti lagi, bandel di bilangin…..sudah aaah aku pulang, mau nyelesaikan laporan, salam ya buat orang yg ada dalam tulisan itu, siapapun dia semoga dia orang yg bertanggung jawab sudah membuat hatimu jatuh,” katanya sambil ngeloyor pergi.

Aku mengantarnya sampai parkiran. Nissa….nissa…tomboy….kadang begajulan, tapi hatinya baik banget, maafin aku nis, suatu saat aku ingin menghadirkan cerita indah untukmu, bukan hanya cerita tentang kepedihan, tapi kebahagiaan yg sesungguhnya…..insya Alloh…..jika Alloh ridho …aamiin yra….:)

Rain1Rain1Rain1Rain1

Advertisements

“Mengintip Cerpen Anissa”

 

2 kumbang membentuk love bungaspring_bees

(*ini  salah satu cerpen anissa yang aku posting di kebun mawar ini, entah kenapa dan untuk siapa anissa menulis ini…tapi aku merasa….ah sudahlah kita nikmati saja ceritanya sambil minum secangkir teh, dia memang sering bercerita tentang sahabat-sahabatnya, dan semua yg dia posting adalah nyata walo kadang namanya di samarkan oleh dia 🙂 Anissa itu lucu, imut, mungkil, kadang berapi-api, kadang  lemah lembut, kadang manja, walopun dia suka mengomeliku tapi aku tahu itu karena dia sayang padaku…yukkk duduk disampingku sahabat sambil menikmati secangkir teh panas di sela hujan rintik….)

lihat

Hari ini, minggu  aku kedatangan seorang sahabat, nama-nya Carla. Dia adalah sahabat masa kecilku yang sangat-sangat membuatku selalu ingin duduk disampingnya dan mendengar cerita-ceritanya. Dia sahabat yang dimataku sangat tegar, sangat tabah…sangat ikhlas. Saking sabarnya kadang aku gemes ingin membuat dia membuka mata bahwa dunia ini keras, dunia ini kejam, jangan diam denga berpangku tangan dan berdoa saja, tapi hadapi dan lawan  orang-orang yang dzolim dengan penuh kebenaran.

Tapi itu hanya inginku saja, beda dengan ingin-nya carla, dia tetap tersenyum walo hati sering perih, dia tetap berdiri tegar walo badai menerjang dan itu berulang kali….lagi dan lagi….Ya ampun carla….hatimu terbuat dari apa sih kok begitu tenang nya menghadapi hidup yang menurutku hidupmu itu pahit banget…..Setiap kali ku tanya itu, carla hanya tersenyum dan menjawab,” kita ikhlaskan saja nissa, toh yang terjadi sudah atas kehendak Alloh SWT” jawabnya sambil tersenyum.

Aku kadang menangis setiap kali mendengar kisahnya, padahal carla sendiri bercerita dengan tersenyum, seperti hari ini, Carla duduk di sampingku sambil menghela nafas panjang. lama aku diamkan dia menata hatinya, itu kebiasaan nya ketika akan berbagi beban. Carla pernah bilang padaku, dia tidak ingin curhat ke orang tua, adik atau sahabat laki-laki, karena itu tidak boleh dilakukan. Dia hanya ingin bercerita padaku saja itupun hanya untuk mengurangi rasa sesak didada, Carla tahu aku bisa menjaga amanah-nya, makanya Carla percayakan semua kisah nya padaku.

Dan carla-pun bercerita dengan penuh ketenangan….sangat tenang, aku terhenyak dan merangkul pundaknya menahan sesak…..aku menangis ngga tahu lagi harus berkata apa….aku marah…sangat marah untuk kali ini.Aku mengguncang bahunya….aku berteriak keras,” Apa lagi  ini carla, kamu sudah sampai seperti ini tapi masih diam dan diam….kamu terlalu mudah dipermainkan, kamu bertahan hanya supaya ibu-mu tidak sakit, padahal hati kamu hancur berkeping-keping,” aku mengguncang keras bahunya yg masih terdiam. Kali ini aku melihat mata Carla berkaca-kaca….Ya Alloh…baru kali ini aku melihat dia menangis, aku memeluknya erat, erat sekali, aku tahu dia sedang merasakan sakit yang teramat sangat.

Dalam pelukanku dia berkata,”Aku lelah nissa, aku ingin tidur panjang”. Aku menatapnya dengat deraian air mata,”Carla, tidak boleh bicara begitu, lihat aisyah, musa dan Dean, mereka butuh kamu, butuh sosok yang tegar seperti kamu. Kemarahanku lebur sudah, aku harus memberikan semangat disaat Carla seperti ini.Carla terdiam, dia bersender di dinding kamar kost-ku, aku biarkan dia dalam diam-nya, aku ingin dia merasa tenang tanpa aku harus banyak bertanya dulu. 30 menitpun berlalu, aku lihat carla tertidur dalam kelelahan bathin yang dalam. Aku pandangi dia sambil membathin, “Ya Alloh, berikan hari esok yang bahagia untuk sahabtku ini, dia sudah cukup ENGKAU berikan cobaan yang panjang…kegagalan demi kegagalan sudah dia jalani dengan kesabaran dan keikhlasan. Dia sudah banyak berkorban untuk kebahagiaan orang lain, dia sudah lulus ujian-MU ketika ditinggal orang yg dia cintai, dia juga ikhlas harus kehilangan lagi walopun itu bukan bagian dari cinta-nya.

Ya Alloh, lihatlah wajahnya, dia yang selalu bermunajad disetiap malam-malam-MU, dia yang tidak pernah meninggalkan ayat-ayatmu, dia yang selalu meniatkan apa yang dia lakukan hanya untuk_MU, dia yang selalu menyayangi orang-orang didekatnya…..Tuhan, lihatlah, dia bahkan tidak pernah memikirkan dirinya sendiri, dia selalu totalitas mencintai, kenapa kau ambil orang yang dia cintai….dia juga berusaha membahagiakan orang tuanya dengan menerima orang yang tidak dia cintai, dan rela disakiti, tapi dia tidak protes, Tuhan, dia hanya diam dan menerima semua takdirnya.aku tahu Tuhan, mungkin ini ujian dari-MU baginya…tapi apakah belum cukup ? Ya Alloh, lihatlah hatinya, dia sangat penyayang pada sesama, hatinya sangat lembut bahkan tidak tega menyakiti semut sekalipun.

Tuhan, aku memohon kepada-MU, berikan sahabatku ini kebahagiaan, dia sudah cukup menerima cobaan yang panjang. Tuhan, disisa hidupnya, berikan seseorang yang menggenggam tanganya dengan erat, yang melindunginya dan merengkuh bahunya kala dia sedih, berikan dia imam dunia akhirat bagi-nya….yang bisa menghadirkan senyum dan kebahagiaan untuknya.Tuhan, engkau maha tahu dibanding mahluk-nya yang lain. Engkau pasti tahu, dia selalu menerima cobaanmu dengan penuh keihlasan, bahkan dia selalu tersenyum dan tidak pernah lelah berdoa dan berdoa terus kepada-MU….maka datangkanlah kebahagiaan untuknya. (Anissa Anjani – Desember Tahun Naga)

(*Aku berulangkali membaca cerpen ini, siapa carla yang dia maksud……aku membuka album SD-ku, kucari-cari yang nama-nya Carla dan aku tidak menemukan sahabat masa kecil kita berdua, atau  carla ini sahabat SMP-nya…SMA-nya atau……ah sudahlah semoga doa-nya dikabulan sama Alloh SWT….aamiin yra.  Jadi kangen sama Nissa, dia kerja di Jakarta, tapi suami dan anak-anaknya di bandung, makanya dia kos, sabtu minggu pulang ke bandung…sudah lama aku tidak menjenguknya sejak study lagi, biasanya senin atau selasa pulang kerja aku sengaja dateng untuk  bermain…bercerita atau ambil titipan klapertart yg kadang aku titip ketika sabtu minggu dia ke Bandung. Hmmm….telfon ah, sambil kasih dia lagu bagus….lagu tentang cinta…..” Surat Cinta Untuk Starla By Virgoun”…..Lagu ini mengisahkan cinta seorang laki-laki yang sepertinya sangat mencintai kekasihnya….dia sangat berharap bisa terus bersama kekasihnya sampai rambut memutih, memperjuangkan cintanya….walo akan ada badai menghadang di depan sana….andai saja laki-laki seperti itu ada di dunia ini…..hmmm……mungkin kebahagiaan cinta itu bukan hanya sebuah cerita….Astaghfirulloh…)

Mawarku2

“Ketika Cinta Bertasbih….”

Mawarku2

Tersebutlah kisah seorang ibu yang hidup berdua dengan anak gadisnya di sebuah hutan yang jauh dari keramaian kota. Mereka hidup saling kasih mengasihi setiap hari, tidak ada yang bisa meninggalkan satu sama lain barang semenit saja. Karena-nya kemanapun mereka melangkah pasti seiring sejalan berdua dan berpegangan erat.

Si ibu mempunyai 2 orang anak yang sama-sama di kasihinya. Yang satu sudah hidup di kota bersama anak-anaknya. Sesekali mereka saling berkunjung untuk melepas rindu.

Suatu hari, datang seseorang ke pondok sang ibu dan mengabarkan jika anaknya yang dikota sakit dan ingin bertemu dengan ibu-nya. Disaat yang sama, adik si kakak tersebut yaitu anak bungsu-nya juga sedang sakit. Si ibu merasa bingung, mana yang harus di dahulukan. Di satu sisi dia jarang bertemu anak sulungnya, dan ketika sakit dia ingin sekali mendampingi, di satu sisi anak bungsu yang setiap hari bersama-nya juga sakit, dia juga tidak tega meninggalkan sendirian di rumah yang sepi.

Ibu tersebut bimbang dan sering merenung. Anak bungsu yang tahu ibunya bimbang langsung membesarkan hatinya,” Ibu, berangkatlah ke kota, temuin kakak, damping dia, Ibu. Aku sudah setiap hari bersama Ibu, aku pasti kuat menghadapi sakit ini sendiri, Ibu harus berjanji padaku untuk segera ke kota ya Bu, damping kakak, bahagiakan dia dan buatlah dia sembuh seperti sediakala.”

Ibu menangis da bersyukur, betapa dia sangat bahagia mempunyai anak-anak yang saling mengerti satu sama lain. Akhirnya si ibu pamit untuk berangkat. Si bungsu melepasnya dengan senyum supaya ibu-nya tenang dan berkata ,” Ibu janji ya, harus focus merawt kakak, mendampingi kakak, aku pasti baik-baik saja di sini. Jangan terus mengingatku bu, aku selalu berdoa untuk Ibu dan kesembuhan kakak, jangan khawatirkan aku.” Si Ibu mengangguk dan berkata,” Iya ibu janji nak” katanya sembari tersenyum haru

Merekapun berpelukan dan si Ibu berangkat ke kota. Keesokan hari-nya begitu si bungsu bangun, di depan pintu pondoknya ada secarik kertas, dia heran, siapa yang menaruh kertas di muka pondoknya, akhirnya dia baca kertas itu,” anakku, ibu sudah sampai di rumah kakakmu, kakak sudah mulai membaik, bagaimana keadaan kamu, sudah lebih sehat ? jaga kesehatan ya nak, jangan telat makan, jangan terlalu capek, setelah kakakmu sehat, ibu pasti akan kembali.” Si bungsu menangis terharu. Betapa ibu yang jauh disana masih mengingatnya setiap saat. Ya Alloh cinta yang benar-benar murni dari-MU sudah ENGKAU hembuskan di setiap nafas kami. Dan surat itupun ada setiap hari ketika si bungsu membuka pintu pondok. Namun si bungsu tidak tahu siapa yg sudah datang untuk mengirimnya, ibunya ataukah orang yang di suruhnya.

Beberapa hari kemudian, tibalah si ibu pulang, si bungsu menyambut dengan penuh suka cita. Dia kemudian mengajak ibu-nya duduk di depan pondok. Karena penasaran akan surat ibu, si bungsu bertanya,” ibu, bagaimana bisa ibu mengirimkan surat untuk ku setiap hari, sedang ibu sedang focus mengurus kakak ? Tanya-nya.

Ibu-nya tersenyum dan berkata,” Nak, kalian berdua adalah matahari ibu, nafas ibu, apapun bisa kita lakukan dengan cinta dan keikhlasan yang besar. Ibu menyuruh orang untuk mengantarkan surat itu setiap hari, sebagaimana ibu juga selalu menyuruh orang untuk mengantarkan surat untuk kakakmu di saat ibu sedang bersama-mu. Ibu sangat mencintai kalian berdua, tak ada satupun yang bisa menggantikan cinta ibu kepada kalian, jadi ibu pasti akan berbuat yang terbaik untuk kalian anak-anakku, nafas ibu yang menjadikan ibu selalu bersemangat menatap hari esok,” kata ibu-nya.

merpati

Si bungsu memeluk ibu-nya sambil meneteskan airmata, kemudian dia bertanya lagi,” Tapi kenapa ibu ingkar janji, bukankah saat mau berangkat….keika aku bilang ibu harus focus merawat kakak dan tidak mengingatku, ibu bilang kalo ibu berjanji,” Tanya si bungsu.

Ibunya tersenyum bijak,” nak, waktu ibu mengucap janji di depanmu….ibu bilang iya ibu berjanji, ibu menambahkan dalam hati kalo ibu berjanji untuk memberikan kasih yang sama kepada kalian berdua, jadi ibu tidaklah mengingkari janji ibu nak.” Katanya sambil tersebut.

Si Bungsu sangat terharu mendengar penjelasan ibu-nya. Betapa dia adalah sosok yang penuh cinta kasih kepada anak-anaknya, tidak sedikitpun hatinya berpaling untuk kami berdua. Terima kasih ya Alloh Cinta-MU sangat besar kepada kami. Semoga kami akan terus bersama seperti ini sampai akhir hayat kami, aamiin Yaa Rabb…..:)

(*Cinta kasih seorang ibu, seorang istri, seorang suami….adalah cinta kasih yang murni, yang lemah lembut, yang tulus ikhlas, tidak bisa untuk sejenak saja di tinggalkan walo  waktu menghalangi, walo jarak membentang luas….semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mencintai karena Alloh SWT…..aamiin yaa Rabb 🙂

rose

“Rumah Kedua”

989451q1sndj6m2a

Bismillah, Assalamualaikum wrwb…..

Selamat siang malam semua, Alhamdulillah malam ini saya bisa kembali ke rumah ini. Rasanya kangeeeeen sekali sudah lama tidak menengok rumah dan kebun mawar disini. Apa kabar sahabat ? semoga sehat selalu ya 🙂

Oh iya, pasti hari ini  semua sahabat sudah bersiap untuk bobo ya…gpp…saya temani saja sambil saya bercerita ya…. 🙂

Sahabat, mari mendekat bersama saya sejenak untuk sedikit berbagi cerita tentang apa yang kita lakukan dihari kemarin. pasti banyak cerita menarik dari para sahabat semua ya…..ingin rasanya satu per satu mendengarkan cerita dari rekan-rekan semua. Nanti, kalo rekan-rekan sudah sempet, duduk disini ya….bercerita dengan saya. Sekarang, biarkan saya dulu yang bercerita.

2057398jhl6f0a9fa

Sahabat, kemarin saya mendapat pesan dari temen saya di gmail. Dia bilang,” ai kenapa sudah ngga pernah posting lagi? padahal, saya selalu lho nunggu postingan kamu, kadang saya hanya ngintip sebentar berharap kamu menulis supaya sejenak saja bisa mendinginkan hati saya. Tapi kamu tak jua muncul, kamu kenapa ai? “

Saya bingung menjawabnya, akhirnya saya coba merangkai kata untuk menjelaskan kenapa sekarang saya absen jarang posting di blog. Saya bilang ” Iya benar saya memang jarang posting, sempet juga nulis di kompasiana, tapi itupun terhenti. Kenapa ? mungkin alasan klasik ya dean,aku sekarang bersekolah lagi, senin-jumat full bekerja. dan sabtu-minggu pun banyak tugas kuliah, apalagi  kemarin-kemarin sedang finishing tesis…….itu sangat menyita seluruh waktuku.

Lain dari itu, sekarang aku punya keluarga baru. sebuah rumah tempat kami berbagi ilmu yang kami namakan “Human Capital For Us  Community”. Human Capital For Us  adalah organisasi/komunitas, yang membernya dari bebagai industri. Disana kami saling share knowledge….saling mengisi satu sama lain…. kami berfikir bahwa ilmu itu murah, kenapa orang sulit sekali mendapatkan ilmu pengetahuan, musti bertanya kesana kesini…..untuk itulah kami ada untuk saling berbagi satu sama lain.”

1383933t2hztwz1zf

Rumah Human Capital ini sekarang menjadi rumah kedua saya, disitu kami menyusun banyak hal untuk bisa melakukan hal-hal yang berguna untuk banyak fihak. Kami bantu mengajar di Balai Latihan Kerja, kami melakukan sharing campus yang tujuan-nya adalah untuk memberikan wawasan kepada adik-adik kita di Universitas sebelum terjun ke dunia kerja….kami juga membantu pemerintah untuk menjadi kordinator dalam peningkatan produktivitas di perusahaan-perusahaan.

Kami menyadari, walopun tindakan kami kecil dibandingkan para wakil rakyat di gedung DPR/MPR sana, tapi ini bukti nyata kami yang bisa kami lakukan untuk memperbaiki SDM kita. Kalo bukan kita yang mulai…..harus nunggu siapa….makanya untuk rekan-rekan yang ingin bergabung dengan kami, untuk bisa share knowledge atau mengajukan untuk diberikan training bisa menghubungi  saya by japri (*tinggalkan pesan saja)

Mungkin itu dulu yg bisa saya bagi ya sahabat….semoga jalinan persaudaraan kita membawa hikmah yg baik untuk kita semua….aamiin 🙂

727906wrmyfe6o17

“Taqwa Itu Ada Dihati”

2217105zk3qplqanh

Yaa benar ai….. taqwa ini ada disini, di dalam hati yang paling dalam…. Semua orang tidak bisa meng-klaim dirinya paling bertaqwa, paling bersih… jika kita sendiri tidak tahu apakah  yang kita lakukan selama ini mendapat timbangan sebagai amal baik ϑαri Allah SWT. Itu artinya bahwa takwa tidak didapatkan hanya dengan perbuatan lahirian, tetapi jųğα dengan perbuatan mengagungkan Allah, takut serta selalu sadar bahwa segala apa ƴğ kita perbuat itu dalam pengawasan Allah SWT.

Pada saat kita selalu sadar bahwa segala perbuatan kita di awasi dan di catat oleh sang penguasa hidup, maka kita akan lếϐih berhati-hati dalam melakukan banyak hal. Contohnya saja….. Dalam perkataan dan pebuatan kita akan selalu terjaga, jangan sampai menyakiti hati ☺яåήĞ lain…..Kita akan lếϐih bisa mengendalikan nafsu, membuang nafsu yang buruk dan memperbanyak berbuat kebajikan…..(*aduuuh ai….mudah-mudahan kita bisa ya…) Dalam pekerjaan kita akan lếϐih berhati-hati, jangan sampai merugikan dan juga membuat susah orang lain.

704026jkxu6ibq7o

Ketika kita sadar bahwa dalam setiap nafas kita di awasi kita pasti akan berlomba-lomba melewatkan setiap detik dengan memperbanyak amal supaya timbangan perbuatan baik kita lếϐih berat ϑαri dosa-dosa kita. Pada saat kita tahu bahwa ketika timbangan amal baik kita lếϐih berat ϑαri timbangan dosa itu akan mendapatkan syurga-NYA ALLOH, maka fikiran dan hati kita akan terfokus untuk selalu berbuat baik, selalu memanfaatkan setiap detik dengan hal-hal ƴğ positif.

Berbuat kebaikan bukan hanya dengan beribadah di tempat ibadah sepanjang hari, tetapi dengan hal-hal kecil pun akan mendapat catatan ƴğ baik ϑαri allah SWT. Untuk para suami maupun istri, bisa selalu membahagiakan pasangan dan anak2nya,setia dalam rumah tangganya, jujur dan membangun komunikasi yang baik.

2057398jhl6f0a9fa

Untuk atasan dan karyawannya, bisa saling memberikan hak dan kewajibannya dengan sebaik mungkin….Untuk anak dan ☺яåήĞ tuanya, bisa selalu membangun kasih sayang, saling mendoakan, dan saling membahagiakan ketika kita tahu bahwa “Taqwa itu ada disini, di dalam hati” maka segala sesuatu yang kita lakukan pasti berniat untuk ibadah.

Kerja dikantor untuk ibadah, pulang ke keluarga untuk ibadah, membahagiakan keluarga untuk ibadah, bahkan menulis disinipun tujuan-nya untuk ibadah. Semoga ketika kita sdh berada di rel-nya Allah, rel ƴğ akan membawa kita ke surganya ALLOH, maka kita akan termasuk orang-orang ƴğ tidak pernah menyesal hidup karena apa ƴğ sudah kita jalani disetiap helaan nafas itu adalah hal ƴğ berkualitas. Dan kita tdk akan mengemis minta di pulangkan lagi kedunia karena semasa hidup kita tdk bertaqwa dan berbuat baik. Jadilah seorang hamba Allah ƴğ membanggakan penciptanya, yang akan di nilai PANTAS  untuk menempati syurga-nya ALLAH SWT kelak 🙂 Aamiin Ya Rabb…..Yuk sahabat kita saling menggenggam erat untuk bisa bahu membahu saling membingbing menuju syurganya Alloh, insha Alloh…aamiin 🙂

Mawarku2

“Sehari 10 Orang Teman”

Image
Bunda saya pernah bilang, janganlah  engkau mencari musuh, tapi carilah teman sebanyak mungkin. kenapa ? karena  dengan memiliki banyak teman, engkau akan lebih punya banyak ilmu. itulah mengapa saya memaksa diri saya sendiri untuk membuat target mencari teman sebanyak-banyaknya.

 

Jika beberapa tahun yang lalu, ketika pertama kali saya membuat blog dan kemudian belajar menjadi blogger, belajar menjadi admin dibeberapa situs, belajar aktif di beberapa organisasi, jiwa saya menjadi sangat hidup. saya banyak belajar tentang berbagai macam karakter orang, berbagai hal dari tulisan-tulisan yang di posting dan saya mengambil hikmah yang besar dari sana.

 

Teman bisa di cari dimana saja, di kantor, di perjalanan, di lingkungan rumah, di blog, di kampus, dan di beberapa situs-pun bisa seperti halnya disini. yang penting niat dan tujuan-nya baik.

 

Ketika saya mengembara mengarungi tulisan demi tulisan yang di posting para senior saya, sungguh itu suatu hal yang bisa memperbaiki kebodohan saya tentang banyak hal yang saya tidak ketahui sebelumnya. Bukankah Allah SWT sudah menyediakan ilmu seluas samudra yang takkan pernah habis kita timba. tinggal bagaimana cara kita mendapatkan ilmu tersebut.
 
Apakah hanya dengan diam, ataukah dengan banyak membaca, banyak berorganisasi, banyak mengenal orang, banyak berinteraksi positif dengan orang-orang disekeliling kita. Tidak hanya kepada orang sukses kita bisa berguru, tetapi pada semua jenis makhluk Tuhan yang ada di bumi ini. Pada semut, pada kancil, kepada gigihnya seorang dosen, pada kesabaran seorang  dokter, pada kesederhanaan seorang  pengemis dan banyak lagi yang bisa kita jadikan guru (pelajaran hidup)

 

Dan ketika semuanya bisa bersinergi  dalam kehidupan saya, dan saya bisa mendapatkan hikmah positif yang besar, disitulah saya akan merasa  bahwa hidup dan semangat saya membara,  menghidupkan mesin kehidupan ini menjadi berlari begitu cepat untuk mencapai tujuan hidup saya.
Bukankah memperbanyak teman itu artinya menyambung tali silaturakhmi, dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأُ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturahimnya.” (HR. Al-Bukhari)

 

Dan haditz ini menjadi salah satu alasan penting selain alasan-alasan saya di atas, semoga Allah SWT memberikan kita semua (*orang-orang yang memperbanyak teman, menyambung silaturakhmi), diberikan rizky yang melimpah dari segala pintu dan memberikan panjang umur  yang panjang yang bisa kita manfaatkan untuk lebih banyak berbuat kebaikan
Amin ya Rabb 🙂

Image

 

(*Tulisan ini saya posting juga di http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/03/03/sehari-10-orang-kawan-539701.html)
 

“FOCUS, Apakah Itu Berlaku Untuk Doa Saya”

Malam ini saya sedikit di landa 1 pertanyaan yang menggelitik hati saya. ini tentang 1 kata yang sudah tak asing lagi buat kita yaitu “FOCUS”
1 kata ini hari ini sedikit mengusik hati saya. Jujur saja, kata ini pernah menjadi pelajaran berharga buat saya, terutama ketika beberapa tahun yang lalu saya belajar tentang Multi Level Marketing di High Dessert Indonesia. mentor saya dari surabaya yaitu bapak chandra, bapak julianto, ibu anggraini dan bapak lion,beliau-beliau adalah orang-orang yang banyak mengajari saya tentang makna dari kata ini.

“Jika kamu punya mimpi, perjuangkan mimpi kamu dengan segala upaya dan doa, focus pada satu tujuan dan gapailah dengan penuh semangat, jangan biarkan fikiran kamu bercabang terhadap tujuan-tujuan yang lain sebelum mimpi kamu itu bisa tercapai”

Dan sejak saat itu, saya mulai memperjuangkan mimpi saya, saya focus terhadap apa yang sudah saya tulis di dream’s book saya, tanpa memikirkan tujuan-tujuan lain dulu sebelum tujuan yang satu itu tercapai. Masih terngiang jelas beberapa tahun yang lalu ketika sahabat saya (*lebih tepatnya mantan orang yang pernah ada di hati saya) 😀 nun jauh disana juga memberikan satu bekal,

“if u have a dream, please  Set goals which are SMART honey, Specific, Measurable, Achievable, Relevant,and Time bound…u must Motivate yourself constantly while you are working towards your goal…and Stay focused on your goal, and enjoy the process of achieving it, i will be with u” 🙂

Ah itu cerita jaman dulu, sampai akhirnya cerita itu harus berakhir dengan kegagalan saya di High dessert Indonesia. dan satu sebabnya karena TIDAK FOCUS.
Itu hanya sepenggal cerita tentang keinginan dunia saya, saat ini saya kembali ingin menelaah arti kata focus untuk diri sendiri. Sejak saya berhijab, saya tahu bahwa ada perubahan besar di diri saya yang sangat berkeinginan bukan hanya sekedar tubuh saya yang terbalut kain penutup aurat, tetapi hati saya juga ingin berhijab.

Dan salah satu pupuk yang bisa menyuburkan keinginan saya adalah doa. Banyak memanjatkan doa kepada Allah SWT itu apakah salah ? terkadang saya merasa kok diri saya begitu serakahnya dalam berdoa. banyak sekali doa-doa yang saya minta dari Allah, minta di ampuni dosanya, minta rizky yang melimpah, minta karir yang lebih baik, minta di mudahkan dalam segala perkara, minta diberikan anak-anak yang sholih dan sholihah, minta di panjangkan umurnya, minta dibangunkan keluarga yang sakinah mawadah warokhmah, minta kebahagiaan di dunia dan diujung doa, selalu minta di bahagiakan di akhirat dengan meminta syurga sebagai tempat terakhir yang abadi.

 

“Banyak sekali doamu,diajeng” (*nggak apa-apa ya….namanya juga manusia) 🙂

 

Apakah dengan banyak doa itu artinya saya tidak focus dan serakah, tetapi bukankan Allah SWT menyukai hambanya yang memohon kepada-NYA, mengadu kepada-NYA, curhat kepada-NYA. sebagaimana saya pernah mendengar bahwa Allah SWT Allah mempunyai malaikat yang sentiasa berkeliaran di jalan mencari ahli zikir dan karana doa adalah inti pati dari segala ibadah. Orang yang enggan berdoa dianggap sebagai orang yang sombong, takabur dan congkak.
Jadi  dalam pengertian saya, mungkin jika saya banyak berdoa, bukan berarti saya serakah dan tidak focus, tetapi karena saya tahu bahwa Allah SWT lebih menyukai hambanya yang banyak memohon kepada-NYA dan satu alasan yang penting lagi karena saya tidak tahu doa mana yang akan di jabah atau di kabulkan dulu oleh Allah SWT. Mungkin  saja hari ini Allah mengabulkan untuk menambah rizky saya, atau besok mungkin Allah mengabulkan untuk mempermudah karir saya, dan begitu seterusnya hingga kelak ketika sang malaikat maut hendak menjemput saya mudah-mudahan Allah mengabulkan doa terakhir saya, untuk bisa menjadi ahli Syurga-NYA, amin Ya rabb.

 

Sungguh saya percaya bahwa Allah SWT maha tahu apa yang akan terjadi di kehidupan saya selanjutnya dan tugas saya hanya menjalani kehidupan ini dengan baik, dengan lurus, ikhlas, jujur, meninggalkan segala larangannya dan mentaati segala perintahnya, banyak berdoa dan selalu menjaga iman dan taqwa.
Dan saya sungguh percaya bahwa tak ada satu tempatpun yang tersembunyi dari penglihatan Allah SWT, dan karena-nya saya akan menjaga perbuatan dan perkataan saya supaya saya menjadi pantas untuk di pilih Allah SWT sebagai salah satu ahli syurga-NYA.
Amin

Mawarku2

(*Tulisan  ini saya posting juga di rangkaian kata hati saya di http://fiksi.kompasiana.com/cerpen/2013/03/02/focus-apakah-itu-berlaku-untuk-doa-saya-539555.html#)