” ..Ya Alloh Berikan Aku Sakit..”

Bismillahirakhmanirohim🙂

Alhamdulillah, diajeng panjatkan karena hingga detik ini masih bisa hadir di kebun mawar, semoga semua sahabat yg hadir disini dalam keadaan sehat wal afiat..amin🙂

“Lho kamu berdoa untuk sahabat aja semoga sehat kenapa kamu malah minta sakit diajeng? doa’mu aneh ya?’ ini adalah kalimat pertama yang dilontarkan sahabat saya waktu beberapa hari yg lalu status YM saya sempat menggunakan kata-kata ini,“Ya Allah berikan aku sakit”

Status YM saya ini terinspirasi waktu saya membaca salah satu judul buku,“Ya Tuhan berikan aku duka” yang saya temukan di gramedia minggu lalu. saya lupa siapa pengarangnya karena waktu itu sudah terburu-buru mau pulang, sehingga saya hanya mendapatkan satu buku merah jambu yang menurut saya cukup bagus juga yang berjudul…ah rahasia ah…diajeng posting minggu besok aja ya…😉

kembali ke…..topik (tukul-mode off)


Banyak PM-PM yang kebingungan dengan status YM saya, memang terasa doa yang aneh.Biarkan saja lah, saya hanya tersenyum dan teringat dengan salah satu hadits

“Tidaklah orang Muslim ditimpa cobaan berupa penyakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan keburukannya, sebagaimana pohon yang menggugurkan daunnya.”

(HR. Bukhari-Muslim)

Dan Rasulullah bersabda. “Sesungguhnya ada tiga pahala yang menjadi kepunyaanmu dikala sakit. Engkau sedang mendapat peringatan dari Allah SWT, doamu dikabulkan-Nya, dan penyakit yang menimpamu akan menghapuskan dosa-dosamu.”

“Apa karena hadits dan sabda rasululloh itu sehingga diajeng berdoa minta sakit? tuh kan jadi sakit beneran” ucap salah seorang sahabat saya di kantor dan saya hanya tersenyum🙂

lama-lama saya ngga tega juga membiarkan sahabat saya dalam kebingungan dan akhirnya saya berkata,” begini lho, kalo kita sakit..kita akan tahu nikmatnya saat kita sehat, saat kita sakit…kita tahu betapa tidak berartinya makanan enak…saat kita sakit…kita sesungguhnya sedang di uji..siapa tahu Allah akan mengurangi dosa-dosa kita..dan sssttt…saat kita sakit…orang yg kita sayangi jadi lebih perhatian….uhm…hehehe..ga ding..becanda..😀 tapi bener lho..kadang saat sakit, hanya dengan kehadiran orang yg kita sayang aja bisa langsung sembuh (*ah diajeng curcol nich ;)  )


Sahabat saya kemudian berkata,“Berarti mendingan kita berdoa supaya sakit dunx supaya dosa-dosa kita terampuni?” saya menggeleng perlahan. “Bukan begitu sahabat, kewajiban kita adalah tetap menjaga kesehatan, sehingga kita bisa bekerja, mencari ilmu dan beribadah dengan baik. tapi tidak ada salahnya jika sekali-kali kita bisa merasakan sakit, supaya kita bisa mengambil hikmah apa dibalik kita sakit🙂

Dengan sakit kita menjadi tahu betapa mahalnya arti kesehatan buat kita, bisa merasakan..nikmatnya di layanin, diperhatikan…ditelfon…ditemenin kedokter (hayah diajeng…). sakit juga merupakan teguran terhadap kesombongan, kita yg kadang congkak, angkuh, merasa berkuasa, merasa punya jabatan…tapi saat sakit..?kita hanyalah seonggok daging dan darah yg tergolek lemah tak berdaya dan yang paling penting bahwa saat sakit, ada waktu istirahat yg cukup buat kita..ada waktu untuk kita bertaubat dan memohon ampun atas segala dosa-dosa.

Semoga hikmah yang sangat besar ini bisa kita rasakan saat Allah sedang menguji kita dengan sakit. lepas dari itu semua, kewajiban utama kita tetap harus selalu jaga kesehatan yach…🙂 dan semoga ini menjadikan pelajaran yg sangat berharga buat kita semua. amin🙂

61 Responses

  1. pertamaaaxxxzzz…:-)

  2. Memang seharusnya begitu. Tapi mengapa yo mesti Ber do’a minta sakit. hehe kalau pengen sakit kayake gak perlu berdo’a deh tonjok ja di sendiri hehe😀

  3. wahh.. kalo mau merasakan nikmatnya sehat kan ga perlu minta sakit mbak..
    sering2 aja maen ke rumah sakit…🙂

  4. bener2, allah akan memberikan pengampunan dosa saat sakit, tapi jika saat sakit meminta penyembuhan juga diperbolehkan,

  5. terkadang sakit…,diperlukan
    membuat kita
    bisa bersyukur dan
    memahami arti sehat…

  6. numpang manggut2 merenungi artikel sobat sambil menikmati bunga mawar indahnya.

  7. kadang kita melupakan 2 hal di dunia ini yang nikmatnya begitu luar biasa yaitu sehat dan lapang..

  8. saya berdoa semoga sakit tak mengunjungiku, tak mengunjungi saudara-saudaraku, tak mengunjungi sahabat-sahabatku, nikmat sehat tak harus bisa dirasakan karena sakit, yang penting bagaimana mensyukuri kenikmatan yang ada dengan amal nyata

  9. memang diwaktu sakit akan terasa kalo hilang segala nikmat makan, nikmat beraktivitas, nikmat tidur… padahal di saat sehat kita kadang menganggap remeh semua rasa nikmat itu

  10. Betul sekali…. hanya saat sakit kita ngerti sehat itu mahal, Jendral! eh salah.. maksute Diaajeng ^_^..

    Mari bermuhasabah😀

  11. aku salute ,

    bila bersabar dan ikhlas maka dihapuskan dosa-dosanya. dan untuk orang disekitarnya menjadi ladang amal.

    benar kang dody. yuuk muhasabah

  12. lama-lama saya ngga tega juga membiarkan sahabat saya dalam kebingungan dan akhirnya saya berkata,” begini lho, kalo kita sakit..kita akan tahu nikmatnya saat kita sehat, saat kita sakit…kita tahu betapa tidak berartinya makanan enak…saat kita sakit…kita sesungguhnya sedang di uji..siapa tahu Allah akan mengurangi dosa-dosa kita..dan sssttt…saat kita sakit…orang yg kita sayangi jadi lebih perhatian….uhm…hehehe..ga ding..becanda..😀 tapi bener lho..kadang saat sakit, hanya dengan kehadiran orang yg kita sayang aja bisa langsung sembuh
    ==============diajeng
    saya husnuzhon aja sama diajeng …. doa itu dipanjatkan agar bisa semakin bersyukur, gitu ya diajeng ?

  13. kalo sehat tidak digugurkan kejelaknanya?

  14. Subhanallah,
    Aroma dan nuansa harum semerbak kalau berkunjung di setiap artikel pada blog ini.

    Nice blog.

    Salam hangat selalu buwat @Mba Diaajeng.

    #Haniifa.

  15. konon katana sakit itu menggugurkan dosa dosa kecil, iya apa iya hayooo😉

  16. duh, jangan meminta hal negatif Diajeng,krn dgn begitu justru kita kurang bersyukur.
    utk mensyukuri kesehatan, cukup dgn merawat diri dan sering2lah mengunjungi kerabat yg sedang sakit.
    bunda selalu memohonkan kesehatan utk diri sendiri, keluarga, teman2 dan kerabat semuanya.
    salam.

  17. aku mau dihapuskan dosa, tapi gak pake sakit. ada gak…??? (kalau ada order yah…🙂 )

  18. Salam super –
    Salam hangat dari Pulau Bali –
    saya memang pernah mendengar hal ini,, tapi baru hari ini ketemu dengan pemaparan yang lebih detail…
    terimakasih…

  19. hmm…merenung dulu ah….
    tulisannya ngena banget niy…

  20. Berkunjung Lagi. ingin mampir. Maaf saya tidak bawa Oleh-oleh. cuma ini saja komentar silaturahmi. mohon di terima dengan lapang dada hehe salam adem ayem deh murah sandang pangan. Selamat dunia akhirat

  21. wow.. tulisan yg inspiratif. mbak.. kalo dipikir-pikir bener juga tuh.. kita bisa banyak banget mendapatkan pelajaran dari sakit.. entah fisik maupun batin.. ^^

  22. aku juga sering berdoa

    “Ya Allah.. berikan aku ujian.. karena dengan ujian lah aku bisa menikmati kedekatan ku dengan Mu.. ”

    pilu rasa nya jika hati yang telah dekat dengan sang pencipta tiba2 oleng karena kita menjauh.. dengan sendiri nya terlena dengan dunia..

    tulisannya buagus e mba… salam sayang🙂

    makasih

  23. jangan segitunya juga kali mbak, emang sakit itu salah satu anugerah, tapi yah jangan diminta juga, karena pasti kita akan lebih mudah mengerjakan ibadah dalam waktu sehat … keep healthy mbak

  24. kalau memang mendapat sakit mungkin itu salah satu cara Tuhan mengampuni dosa kita… tetapi kalau kita meminta sakit … apakah dosa kita juga terampuni?

  25. pas baca judulna kaget heheh

    kunjungan n ditunggu kunjungan baliknya makasih

  26. 😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • ehehehehe.. SYUKUr NIKMAT.. sesungguhnya NIKMATKU yang mana lagi yang engkau dustakan.. berpuluh kali kalimat ini diulang dalam alquran.. sedangkan setiap tarikan nafasmupun adalah nikmat ALLAH.. dari buka mata sampai tutup mata kita diliputi Nikmat Allah.. sudahkah kita bersyukur
      salam sayang buat diajeng

  27. sakit akan mengugurkan sedikit demi sedikit dosa kesalahan kita… bila kita senantiasa Istighfar.. ikhlas dalam menerima sakit dan ujian itu….

    Salam q…

  28. wah skrg gw lagi sakit flu…
    beraat rasanya…. maless ngapain aj
    pengen deket ama Allah..
    tapi hidung tersumbat.. badan lesu…
    ya Allah.. beri aku sehat yaa

  29. astaghfirullah…
    baru ingat ternyata sakit menggugurkan dosa2…
    jadi jangan mengeluh ketika sakit, sebab itu tandanya ALLAH sayang sama kita

  30. Kadangkala…saya Iri dengan orng yang sakit…mereka lebih mampu mengambil hikmah dalam hidupnya, dan menjadikan ujian sakitnya sebagai upaya pendekatan diri kepada Allah…
    Namun…sakit yang menggugurkan dosa2 kita, adalah sakit yang dikehendakiNya, bukan atas kehendak kita…dan itu adalah bentuk rasa kasih sayangNya kepada HambaNya…
    Jadi…saya berharap Diajeng sehat selalu, dan tak lalai dalam bersyukur atas segala nikmat sehat yang diberikanNya….

  31. sakit sebagai pengingat bahwa Tuhan yang berkuasa atas diri kita😀😀

  32. Ya Allah… berikan aku sehat.

  33. Ya Allah, alhamdulillah kau berikan aku sehat

  34. saya pernah kangen dengan rasanya sakit, dan BENAR-BENAR BERDOA supaya sakit! *ini orang gak tau bersyukur banget* dan bener, saya sakit langsung! T_T tau, deh, kenapa dulu saya punya pikiran untuk berdoa seperti itu. Yang pasti niatku dulu gak sebijak tulisan mbak =3.

  35. selamat pagi dini hari. maaf berkunjung larut malam. maklum jam segini koneksi internet sedang stabil-stabilnya, jadi ya saya manfaatkan buat blogwalking buat menyambung tali silaturahmi kepada semua teman2 netter hehe selamat bermimpi ria.

  36. jujur blue mesti banyak belajar padamu,diajeung
    salam hangat dari blue

  37. Diajeng apa kabar?
    Mudahmudahan hikmah dari sakit yang bisa mengingatkan kita akan nikmatnya sehat.

    Saya ikut ndoain deeeh. diajeng sehat-sehat aja yach..
    Amiiin…

  38. ya allah, saya minta sehat

  39. “Dengan sakit kita menjadi tahu betapa mahalnya arti kesehatan buat kita”

    nice quote.

  40. Hhmm…Kadang hikmah itu memang kita dapatkan ketika kita merasakan ketidaknyaman atau bahkan kesakitan…

    Salam semangat selalu ya Mbak

  41. subhanallah….

  42. Berarti harus ada yang diubah dalam doanya
    ” Ya Allah berilah aku sakit yang bisa menguatkan aku setelahnya”

  43. owalah mbak, lagi sakit to
    pantes kok ra muncul2

    dikangeni mas dhamar tuh nak milis

  44. Ayah berkunjung karena kangen….alhamdulillah Diajeng selalu sehat walafiat…..

  45. mapir…hari minggu bosen dirumah terus…Gimana doanya sudah dikabulkan ?😀

  46. makasih ya dah diingetin lewat artikelnya yg bagus…. beta jd lebih menghargai arti pentingnya kesehatan dan menggunakan untuk hal2 bermanfaat… *kira2 klo beta sakit ada yg perhatiin kyk diajeng gak ya…:) *

  47. Walaupun kurang sependapat dengan doanya, aku setuju dengan pemikiran yang dalam dibaliknya.

    Lama gak berkunjung.. Semoga selalu sehat Diajeng🙂

  48. Bener. Bisa untuk intropeksi diri.

  49. Have a nice day, undangan penuh kebahagiaan di hari yang ke-56 Ayahandanya D3pd, salam D3pd😀

  50. Alhamdulillah bisa berkunjung lagi.
    Tema yang bagus untuk dituangkan, sehingga dapat merakan betapa nikmatnya kesehatan itu terlebih dirasakan setelah sakit.

  51. Alhamdulillah bisa berkunjung lagi.
    Tema yang bagus untuk dituangakan, sehingga dapat merasakan betapa nikmatnya kesehatan itu terlebih sehabis sakit.

  52. Kok, komentarnya gak masuk2 ya😀

  53. Turut silaturahmi sekalian ngenalin diri😀

  54. mampir… mo lihat-lihat mawar di sini.
    salam superhangat

  55. semoga kita termasuk orang-orang yang pandai bersyukur ya..
    salam🙂

  56. apdet…apdet….

  57. kasih dan sayang blue pada semua kawan bloger juga sangat luas diajeung
    p cabar
    salam hangat dari blue

  58. waduh kok minta sakit

    (MRS : hehehe…lagi kambuh nich…salam kenal🙂

  59. betul banget, nikmat kesehatan itu berharga baget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: