“Ketika Hati Harus Bersanding…”

Hari  senin pagi tadi , seperti biasa pagi-pagi sekali aku harus menuju ke tempat biasanya pak maman memarkir mobilnya.

SDIT yang terkenal paling mahal itu  dah mulai padat dan sesekali ku lirik jam tanganku…ooops kurang 10 menit lagi aku harus cepat sampai. Kalo ngga pasti pak maman mengira aku nggak masuk. Alhamdulillah, akhirnya nyampe juga sebelum mobil biru jemputan datang.

Aku duduk dengan tenang disamping sahabatku yang nyender penuh damai di bahuku. Aku lirik wajahnya yg polos, wajah setengah baya yg umurnya sudah cukup dewasa setidaknya untuk menikah, bahkan bisa dibilang terlambat karena umurnya jauh di atasku.Setiap hari dia sering curhat tentang kehidupannya padaku, tentang pekerjaan, keluarga, dan pacar-nya yg tak kunjung melamarnya.


“Ya Alloh, semoga engkau segerakan dia menikah” doa itu yang selalu aku panjatkan untuk sahabatku ini seusai  setiap kali sholat. Aku ingin sekali melihatnya duduk dipelaminan dengan orang yg di cintai-nya.

Aku menghela nafas panjang, ku alihkan pandangan ke temen2 jemputan yg lain. Rupanya mereka semua telah memasang headset untuk mendengarkan MP3 dari ponselnya masing2. Perlahan aku dan sahabatkupun dah terlibat percakapan curhat seperti biasanya. Aku bertanya setengah berbisik,” kenapa sih mba selalu menunda perkawinan”.

Dia tersenyum dan menjawab,”Aku takut diajeng, aku masih ragu apa mas nanda memang laki-laki yg pas buatku. Memang sih sekarang dia baik, tapi aku takut seteleh menikah wataknya berubah.”

Astaghfirullah, ternyata dia menakutkan kejadian yang belum tentu terjadi. Kalo seperti ini terus, kapan dia akan menikah. Akupun tersenyum lembut, aku pegang tangannya,” mba…mba ingat nggak surat An Nuur : 26 yang menyatakan bahwa, “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)”.

“Jadi mba tidak perlu khawatir, karena mba begitu baik, mba pasti akan mendapatkan laki-laki yg baik seperti mas nanda itu”.

Dia membetulkan jilbabnya, pandangannya jauh keluar jendela mobil jemputan, badannya masih saja menyender di bahuku.aku melihat masih ada kerguan di matanya yg bening. “ mba, apalagi si yang di risaukan iiiih?”

Dia menengok ke arahku dan berkata,” aku dan mas nanda belum mapan diajeng, kami belum punya rumah. Kalo kami menikah, nanti gimana kehidupan kami selanjutnya?

Aku tertawa lirih, inilah yg ditakutkan sebagian pasangan kalo hendak menikah. Ada saja alasannya, yang belum mapan lah..belum punya pekerjaan tetap, takut tidak bisa menghidupi istri-lah..padahal Alloh SWT maha adil. Asalkan kita mau berusaha, maka Alloh akan menambahkan rizky kepada kita semua

Sering sekali kita melihat kehidupan masyarakat, banyak sekali yg miskin tidak mempunyai apa-apa ketika menikah, dan kemudian Alloh memberinya rizky yang melimpah dan mencukupkan semua kebutuhannya,  Allohu akbar, Alloh memang maha Besar.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (Pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (An Nuur: 32)

Ayat tersebut adalah jawaban buat  mereka yang ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Tentunya Alloh akan menambahkan rizky kepada kita yg mau berusaha dan berdoa. Kita hanyalah hamba Alloh, kepada siapa lagi kita memohon kalo tidak kepada-NYA

”Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat”. (Al Baqarah : 153)

Tidak ada hal yg sulit jika kita mau berusaha, karena sebesar apapun usaha kita, maka akan di hargai dengan harga yg pantas oleh Alloh SWT.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. (Alam Nasyrah : 5 – 6)

“Makannya mba ga boleh ragu lagi ya, segeralah menikah aku tunggu undangannya bulan ini ya mba” sahabatku tersenyum dan menggenggam erat tanganku. Di wajahnya ada binar-binar harapan yang sangat jelas ku lihat

“Ya Alloh, semoga engkau mengabulkan segala doaku untuk sahabatku ini”

Amin Ya Rabb 🙂


54 Responses

  1. menikah oh menikah..🙂

    Diajeng ===>🙂

    • Semuga bisa terlaksana niat baik temannya itu mbak, lalu kapan jeng Diajengnya?🙄😆 Suwe aku ora dolan mrene mbak, kok link ku ora ana sih? Hayo tak tagih lho😀

  2. ah alasan yang dibuat-buat, ketakutan pada bayang-bayang.
    sampai saat ini ketika anak sudah lewat 3 tahun saya belum memiliki rumah, pun damai-damai saja, justru usaha untuk bisa punya rumah sendiri lebih besar bukan atas bayang-bayang yang tak perlu

    Diajeng ===> hehehe…yah namanya juga manusia kang…masing2 berbeda pemikirannya🙂

  3. Amin…ya robbal’alamin…
    Do’a yang tulus bakal berbuah kepada kita juga….
    in ahsantu ahsantum lianfusikum……………………..

    Diajeng ===> semoga kang🙂

  4. hanya Allahlah yang tau tentang kejadian langit dan bumi. Dan apa yang tersembunyi di dalam lubuk hati yang dalam

    Tabungan 0 harta ga punya investasi ludes calon ga ada
    binis bangkrut, tawaran kerja gaji besar namun hukumnya remang-remang . yang ada hanya niat dan Allah saja sebagai pembuat kenyataan

    Sungguh hidup di zaman materialime
    oh sebuah pengharapan yang tak kunjung datang bagi yang sendiri .

    kasian dan kasian
    mengasiani diri sendiri

    Diajeng ===> jangan pesimis gitu atuh kak…ayo semangat🙂

  5. apa kabar diajeng ?
    maaf ya bunda sudah lama sekali nggak berkunjung kesini.
    kalau bunda bilang ,temennya diajeng cuma mencari2 alasan saja, kok sepertinya tdk percaya bahwa Allh swt pasti akan mengurus hambaNYA dgn sebaik2nya, asalkan kita selalu bergantung padaNYA.
    salam.

    Diajeng ===> kabar baik bunda…semoga bunda juga sehat🙂 iya semoga saja mereka segera menikah🙂

  6. met… siang sahabat ….
    dikau sehat kan sayang…????
    maaf lama gak kesini….

    Diajeng ===> alhamdulillah sist…🙂 semoga kamu juga selalu dalam lindungan Alloh SWT🙂

  7. ada apa sebenarnya dengan sahabatmu itu ..???

    Diajeng ===> entahlah….blm punya keberanian kali🙂

  8. berkunjung…..
    jadi ikutan mikir, kenapa belum kawin juga sih ??

    Diajeng ===> iya..kenapa ya…? (*mikir)

  9. kalau saya sih, tidak banyak mikir. begitu kerja, langsung kawin. rumah ?? Alhamdulillah menyusul

    Diajeng ===> takut disamber yg lain ya mas ?🙂

  10. Perkawinan itu kan banyak faktor. yang paling utama adalah keluarga, apalagi kalo wanita. Dimana “iya”-nya seorang wanita adalah “iya”-nya kedua orang tua. yah, bagaimanapun juga seorang wanita juga akan susah menolak jika dijodohkan, secara agamapun gitu kan?, CMIIW

    * Curhat colongan nih🙂

    Diajeng ===> hehehe…curhat beneran nich…sabar aja mas..nanti pasti akan di datanagkan seseorang yg lebih baik🙂

  11. Mampir baca jadi ingat kalau aku juga belum nikah, klo aku masalahnya selama ini belum ada yang mencintai aku secara tulus, aku setiap saat selalu berdoa biar cepat dapat jodoh, tapi kok belum nemu2 to! Dan kemudian aku berfikir lagi, karena hidup adalah proses, mungkin proses hidupku lagi begini, ya aku nikmati aja, dan aku tetep semangat, dan semangat terus.
    Salam!

    Diajeng ===> amin semoga doanya cepet terkabul ya mas..🙂

  12. ternyata mau menikah itu rumit juga ya..
    padahal diriku kalo bisa nikah cepet he..he..

    Diajeng ===> ah siapa bilang rumit…?tergantung msaing2 orangnya atuh..🙂

  13. semoga yang bersanding dengan kita adalah seseorang yang terbaik…Amin..Amin

    Diajeng ===> amin ya Alloh..semoga ya om omi..🙂

  14. persahabatan dengan diiringi doa semacam ini,
    indah sekali..

    salam kenal juga ya🙂

    Diajeng ===> salam kenal kembali…makasih kunjungannya🙂

  15. Jadi Pengen Nikah lagi ….

    wkwkkwk….

  16. ngomong2 mbak putri sendiri mau nikah kapan??

    haha..

  17. salam kenal diajeng…

  18. malam..mau menyapa sahabat lama tak jumpa disini😳

  19. Semoga Sahabat diajeng diberikan pendamping TERBAIK…AMien….

  20. sEmoga Sahabt Diajeng diber pendamping TERBAIK
    Amin….

  21. assalamualaikum salam kenal.. ini klunjungan pertama saya disini, kebetulan saya beberapa bulan ini dilanda rasa rindu untuk menikah… membaca postingan ini, saya sedikit terbuka, semoga bisa semakkin yakin dari hari ke hari, jika diperkenankan bolehkah saya mengkopas postingan ini buat seseorang yang saya niatkan untuk dilamar nanti?

  22. oh..diajeng

  23. weiitt, koq postingannya mengena bgt? sy jg ragu2 tuh kalo mw ngelamar, takut ga bisa ngasi makan …anak orang je….. jd skarang nembak saja belom qiqiqii….
    thanks dah mampir yaa, salam kenal..

  24. hmm, pernikahan emang keputusan besar, mungkin terbesar dalam hidup seseorang. tp kalo kebanyakan mikir sebenernya menghabiskan waktu juga….

  25. hhmm hai sist… images nya bagus-bagus….

    salam kenal
    dj martha

  26. hwaduhhhhhhh, kok jadi kesindir nih

    *jadi pengen cepat menikah

  27. PEMBUKAAN
    selamat pagi. ijinkan saya untuk baca baca dan berkomentar alakadarnya.

    ISI
    wah. postingan yang meriah.
    warna warni. penuh gemerlap kencling kencling.
    mata saya jadi silau😯

    menikah ya ????
    masih jauh dari harapan saya.
    hahahaha

    PENUTUP
    terima kasih dan mohon maaf😮

  28. Semoga calon2 Istrinya Triunt *loh kok calon2, emangnya mo poligami*

    semoga tidak ragu memilih Triunt nanti jika waktunya menikah, Amiin.

  29. ……………………………
    ……………………………
    ……….ooooO…………..
    ………..(………)………..Ooooo……
    …………..)……)………..(………)………
    …………..(_…)…………..)……)……….
    ……………………………….(_…)…………..

    dan akupun ingin meninggalkan jejak kaki ku di blg ini, kunjungan balasan nih, salam kenal ya?

  30. menikah kok bingung???
    sudah ada calon mempelainya ya langsung aja, kalo belum ya pantes kalo bingung gtu
    menikah itu enak dan nikmat lho
    huehehehe

  31. yah pasti itu selalu ada difikiran setiap wanita..
    karena menikah itu kan cuma sekali…

  32. meikah suatu hal yang sangat aku inginkan..tapi aku buka wanita yang baik..
    akankah aku mendapatkan pria yang baik

  33. menikah memang keputusan besar, banyak orang yang ragu dengan pasangannya ketika akan mendekati hari pernikahannya. semoga temene mbak ajeng bisa mendekatkan diri kepada-Nya dam di berikan petunjuk oleh-Nya. amin

  34. Ya..ikut mendoakan aja buat temennya, moga aja bisa cepet2 bersanding di pelaminan, xixiixxi…😀

  35. Semoga Allah memudahkan segalanya..amin

    salam, ^_^

  36. Amiiin..
    niatkan menikah untuk ibadah,isya Allah pintu rahmat dibukakan untuk sahabat dirimu..

    emm..istiqaroh ajah dulu,mantabkan hati yah nda diajen9 ?

    *blo9na manteb,baru baca satu dulu yaaaa..🙂

  37. Wah bersyukur si mba punya sahabat seperti Ajeng ya.. bisa mendengarkan curhat sekaligus mengingatkannya.

    Salam ^^

  38. Keputusan menikah adalah keputusan yang berat,
    karena menikah hanya sekali maka keputusannya haruslah tepat,
    karena menikah adalah ikatan kedua mempelai yang sangat kuat.
    karena menikah menambah kekerabatan dan masyarakat menjadi sehat.
    kalau ditunda justru tambah pusing dan tambah berat. kalau punya pacar yang jelas seiman dan saling mengenal….ya… cepetan aja. masalah rezeki, kita manusia hanya berusaha, yang mengatur Dia Sang Maha Pencipta.

  39. pernikahan (jodoh) adalah takdir Allah. jika sampai saat ini belum jga menikah jangan persalahkan takdirnya. berserah,berdoa, dan berbaiksangkalah. semoga itu cm maslah waktu dan keslikhlasan.
    bersyukurlah diajeng yg telah mendapatkan takdir dgn keikhlasan. doakan sy menemui takdir itu, takdir yg tidak perlu melukai siapapun, takdir yg penuh kesederhanaan dan keridhoan. doakan ya!

  40. Semoga sahabat mbak Diajeng mendapatkan seseorang yang terbaik dalam hidupnya..

  41. Absent heula..

  42. Semoga urusan temennya lancar ya diajeng. Salam

  43. wah pasti mbaknya seneng punya sahabat kayak diajeng…
    sangat perhatian dan menenangkan…

  44. selamat sore ade’
    beruntunglah dia punya kawan seperti ade.
    pada dasarnya menikah adalah menyatukan dua hal yang ‘berbeda’ jadi jika sudah saatnya menikah maka segeralah menikah dengan tujuan mencari Rahmat-Nya.

    salam hangat.

  45. bulan2 ini teman2 ku sma banyak yang nikah.. bukan teman sma saja, teman kantor, blogger juga.. semoga saya juga segera bisa menyusul mereka..

  46. Niat yang kuat Mba… dan berani mengambil tindakan. Klo kebanyakan nonton dan baca novel akibatnya ya begitu…

    Percaya bahwa rizki Allah yang ngatur, dan kita sebagai hamba hanya bersyukur atas apa yang ada…

    klo kekurangan, hidup kita ga pernah cukup.
    betul…betul…betul

  47. menikah itu wajib hukumnya bagi orang dewasa, mudah2an temennya diberi ketetapan hati untuk melaksanakannya,amien…

  48. semoga dimudahkan dalam segala urusan

  49. ………segeralah menikah, jika sudah mampu.. dan sudah punya calon hal ini untuk menghindari perzinahan… bagi yang belum punya… perbanyaklah doa dan baca surat yusuf…(detailed add me)…………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: