“Pengembaraan Sukma”

Terbang

Mengembara di keheningan malam yg sunyi….berjalan menembus batas sang cakrawala jingga…..terbang di atas hamparan permadani langit yg agung….di antara jajaran galaxy yang membentang luas…berjingkat di antara planet dan satelit..sungguh maha dahsyat keajaiban sang pencipta jagat raya, Subhanallah

Tiada yang lebih agung dari pada-Mu ya Tuhan..sungguh aku hanyalah setitik debu yang seharusnya bercermin melihat kebesaran-MU. Ciptaan yang tiada taranya ini…yang tadinya berpadu..antara langit dan bumi dan kemudian terpisah di antara keduanya oleh sebuah “Maha dasyat big bang”

dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa sanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. maka mengapakah mereka tiada beriman? “ (Al Quran, 21 : 30)

Perjalanan sukma

Dan Allah SWT telah menjadikan tiada menjadi ada…..menjadikan bumi sebagai tempat kita berpijak…menjadikan langit sebagai atap kita..meciptakan matahari, 200 milyar galaxy yang masing-masing terdiri dari 200 bintang, dan sebagaian bintang-bintang itu mempunya planet dan sebagaian planet itu memiliki bulan..dan kesemuanya itu seiring sejalan dengan penuh keserasian dan keteraturan…beredar di antara solar apex..diantara garis edar dengan penuh keharmonisan.

Seharusnya kita malu…benda yg tiada berakal saja bisa sebegitu harmonis seiring sejalan di jagat raya, kenapa kita yg di ciptakan dengan penuh akal terkadang tidak bisa saling berbagi dan memberi…bersama-sama bergandeng tangan memelihara dan mengisi alam semesta dan kehidupan ini dengan kebaikan….dan bahu membahu menuju jalan-NYA. kenapa kadang kita angkuh padahal di atas langit masih ada langit, Astaghfirullah hal adzim, ampuni kami ya Allah…..

memeluk sukma

Maha besar engkau ya Allah, Tunjukanlah sekali lagi bagaimana aku harus mulai bersujud..mendekat dalam dekapan-MU. Mengapa terkadang aku masih congkak terbuai riuh gempita duniawi…memikirkan berbagai macam status dan pandangan orang-rang tentang kehidupan duniaku ini…padahal….semua hanyalah suatu pengembaraan…

Apa yang ku cari selama ini ya Allah…kebahagiaan duniawi adalah semu..tapi mengapa terkadang aku masih saja takut..takut terhadap pandangan orang…takut terhadap cibiran..takut melihat kenyataan pahit…takut di kucilkan…takut tersingkirkan..takut kehilangan padahal ada dan tiada adalah milik-MU

Ya Allah…aku tertundauk dalam air mata yg basah, dan sukmaku kembali berjalan menembus troposfer dimana hujan, angin dan salju ada disana….melewati lorong lorong stratosfer, naik menuju ozonosfer, terpaku di antara mesosfer, ionosfer yang sedikit beku dan sampailah di lapisan tertinggi eksosfer dan aku memandang tujuh lapisan yg melindungi bumiku berpijak.

Tuhan……jika masih boleh sukmaku berangan-angan…andai aku bisa kembali menjadi zygot, lalu berkembang menjadi embrio di rahim sang bunda..membesar dan menjadi fetus dan terlahir menjadi satu mahluk suci yang mengerti akan satu perjalanan singkat ini…ingin sekali aku menuliskan kanvas putih kehidupan ini dengan tanpa noda..

Tapi manusia bukanlah malaikat ataupun segala hal yg sempurna dan waktu juga tak kan mungkin bisa kembali..jarum jam tak akan pernah bergerak mundur…uang dan kekuasaan tidak akan bisa membeli hari kemarin dan aku tidak akan pernah bisa kembali ke masa lalu…yang bisa ku lakukan hari ini adalah bersyukur…Bersyukur karena Engkau masih memberikanku waktu untuk mencari bekal walo entah berapa lama lagi kesempatan itu ada

Tuhan…terima kasih atas segala kehidupan yg kujalani…atas penuntun jalan yang kau hadirkan mudah-mudahan engkau tidak akan mengambilnya dariku sebelum waktunya tiba…sebelum bekalku siap…jaga kami ya Allah..jaga kebersamaan kami sampai kami cukup bekal menuju Syurga-MU.

satu jiwa

Dan sukmaku kembali turun ke bumi…memasuki tubuh yang terguncang lirih..terjaga dan menatap satu senyum penuh damai, menikmati ciuman hangat di kening dan erat jemari yg menggenggam..memeluk dan berbisik,” nda…kita sholat tahajud dulu yuk”

mediman

Mawarmerah

69 Responses

  1. selamat bertemu kembali diajeng, menghangatkan suasana

  2. mba’ Diajeng ig .. postingane so sweet . hhay ..

    *salam knal mba’ ..*

  3. Dah lama tak main ke sini, makin bagus saja penampilanmu Diaajeng.

    Sukma yang indah…

    salam superhangat

  4. Tak apalah bila diri memikirkan dunia dan itu adalah mubah. Sebuah pencapaian yang hakiki adalah di penghujung akhir kehidupan dan sebuah kebiasaan baik bila terus direspon oleh diri maka akan menhasilkan efek positiv dan bila terus berlangsung secara terus menerus tanpa ada paksaan maka energi besar telah hadir dalam diri.

    Maka di penghunung akhir hidup maka sebuah kebaikan akan bergulir Insya Allah. dan Tahajud akan merespon posif untuk diri.

    Ayahandaku adalah salah satu orang yang hampir tak putus sholat tahajudnya. Alhamdulillah di penghujung akhir sebuah kisah yang indah telah terukir

    Baca di puisi kematian , semoga kita bisa mencapai keindahan di akhir hidup . Amien

  5. itu angka 200 udah bener apa belum??? jangan2 lebih banyak lagi, hihihi

  6. 🙂 syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah.. Tapi sblm tahajud boleh dunx mendendangkan kidung malam, memuliakan Sang Pemberi Hidup🙂

  7. :-* kita sholat isya dulu yuk sayang.. trus bobo ya, biar di sepertiga malam-Nya kita dapat menghadap-Nya, membawa rasa syukur yang tiada tara atas segala nikmat Alloh Swt.🙂

  8. Dalem banget kata-katanya, sampai susah komen😀

  9. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    Diajeng : salam hormat buat kang boed🙂

  10. Manstaaaaaaaaaaaaaaabbbbssssssssssssssss..

    (Diajeng : matur nuwun kang🙂

  11. Hmm.. sudah terlalu banyak tulisan.. pesan.. peringatan.. yang mengingatkan kita bahwa hidup disini hanya untuk sementara saja.. sekedar untuk mengingat dan menemukan kembali jalan pulang kepadaNYA.. Dahulu kala di alam sana di dalam satu perjanjian Alastu.. para ruh menjawab yaaaa ALLAH kami menyaksikanNYA.. Syahadat dalam sebuah penyaksian dengan penatapan dalam PEMUJAAN CINTA telah di torehkan.. Perjanjian Primordial yang tidak bisa dilupakan bahkan harus kembali di peroleh dalam FITRAH DIRI.. Jiwa Jiwa yang Tenang akan sebuah penyaksian..

    TUGAS UTAMA dan TERUTAMA Manusia turun ke bumi yang fana ini untuk mengingat dan menemukan kembali Penyaksian syahadat tersebut dan itulah tugas Terutama.. sekian puluh banyak macam pekerjaan yang kita buat selama di sini.. tetapi ternyata saat tugas UTAMA kita tidak dikerjakan semuanya menjadi sia sia belaka..

    (Diajeng : semoga kita termasuk golongan orang2 yang tidak melalaikan tugas dari Allah SWT kang🙂

  12. Manusia datang dan dilahirkan di muka bumi ini membawa Amanat Suci dari ALLAH.. yayaya.. kita semua tanpa kecuali selama masih bernama manusia.. turun dan dilahirkan di muka bumi ini membawa Amanat Suci ALLAH untuk menjadi Kholifah Bumi.. Manusia menjadi makhluk yang paling Sempurna.. Insan Kamil.. Sebagai pengendali keseimbangan dari seluruh sumber daya kehidupan yang ada di muka bumi ini.. mengendalikan seluruh potensi alam semesta raya dengan sebaik baiknya kemaslahatan bersama..

    Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit.. bumi dan gunung-gunung.. maka semuanya enggan untuk menerimanya dan mereka khawatir akan mengkhianatinya.. dan manusia menerimanya.. Sesungguhnya manusia itu amat dzalim dan amat bodoh.. Sehingga ALLAH mengazab orang orang MUNAFIK laki laki dan perempuan dan orang orang MUSYRIK laki laki dan perempuan.. dan sehingga ALLAH menerima TAUBAT orang orang MU’MIN laki laki dan perempuan.. Dan ALLAH Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

    (Qs.al-Ahzab (33); 72-73)

    (Diajeng : wah makasih tambahannya mantap kang🙂

  13. Assalamu’alaikum,
    Mbak, ada amanah dari KangBoed untuk membagi-bagikan award yang saya terima. Award ini dalam rangka menjalin silaturahmi kita agar semakin erat.
    Kalau berkenan bisa Mbak jemput di tempat saya.
    Terima kasih.
    Salam

    (Diajeng : makasih awardnya pak..nanti pasti saya ambil🙂

  14. Selamat sore Diajeng, kita ngobrol dulu yukkk???!!!! Kagen nih lama tak berkunjung, hehehhe………..
    Aku selalu merindukan mawar yang mekar itu Diajeng, memberi hikmah bahwa hidup kita bisa seharum dan seelok mawar. Meskipun ada duri-duri tak mengurungkan niat untuk terus memetiknya.

    (Diajeng : sore juga mas nur…mawarnya cukup di liat aja jangan dipetik ntar kebunku gundul dech gada bunga🙂

  15. gamabare akeh men cah…

    (Diajeng : mosok sih ? sithik kok🙂

  16. yang pernah terasa keheningan malam seakan membuat ruang untuks egera mencurahkan air mata atas segala perbuatan yang diperbuat

    (Diajeng : semoga segala perbuatan di ampuni oleh Allah SWT🙂

  17. Postingan minggu ini byk yg romantis/mellow sepertinya
    kunjungan perdana, salam kenal…

    salam, ^_^

    (Diajeng : salam kenal kembali🙂

  18. judulnya bagus banget…isinya menyentuh sekali..

    salam kenal

    (Diajeng : makasih salam kenal kembali🙂

  19. Salam kenal,

    Award pak Abdul Aziz mereferensikan ke tautan link blog ini.

    Senang juga diajak ke tata surya dengan melody indah.

    (Diajeng : oh temennya pak aziz ya…salam kenal monggo silahkan mampir ke blog yg sederhana ini🙂

  20. Tertunduk hening setelah membaca tulisan ade kali ini, malu hati akan kezaliman tubuhku terhadap diriku sendiri. .. surga menantimu de.

    (Diajeng : amiiin terima kasih mas andi🙂

  21. Nice posting🙂

    (Diajeng : thanks zico🙂

  22. pengembaraanku akhirnya sampai juga disini,
    ada sesuatu yang tersentuh setelah membaca postingnya diajeng…

    (Diajeng : wah jauh juga mengembara-nya mas anto…:)

  23. wah otakku yang masi celeron belum nyandak bahasanya, tapi maknanya tersirat dengan jelas….

    imagenya juga pas,
    thanx mari berbagi….hehehe

    salam kenal dari blogger gunungpati, the only gunungpati hehehee

    (Diajeng : wah selamat datang mas…gunung pati itu dimana ya ?🙂

  24. Nda.. Kalo dah landing kabari yayah ya🙂

    (Diajeng : kan udah nda sms yah…🙂

  25. sebuah renungan yang terasa begitu indah seindah rangkaian kata yang menjalin makna.

    (Diajeng : makasih kang…salam hormat🙂

  26. OOT… hei! lama gak datang ke sini. apa kabar semua? semoga baik-baik saja.

    ingat, empat kali empat sama dengan enambelas. sempat tidak sempat, harus dibalas.

  27. Tak mudah kiranya membebaskan sukma,
    Mengembara, mengagumi apa yang Dia cipta.
    Apalagi melahirkan sbuah tanya…..
    Tuk apa Dia membangun kerajaan nan luas seakan tanpa batas.
    Bila srasa hanya kehampaan yang membekas.
    Kuturut memandang langit dengan hati yang paling dalam.
    Hanya sunyi, hanya kelam yang kudapatkan.
    Mungkin hanya kita sendirian,
    Yang tinggal diantara bintang,
    Yang terhampar seolah tanpa bilangan.

  28. mampir sejenak melongok mencari-cari si pemilik

  29. numpang mampir mbak…. bagus ilustrasi gambarnya dan tulisannya…..

  30. salam hangat selalu
    kalau kita berandai-andai sepertinya semua pun sama ingin mengulang lembaran hidup di kertas nasib yang putih tanpa cacat oleh noda

  31. Perenungan yang dalam dan membuat saya berkaca, bahwa manusia memang tiada daya tanpa kekuatan dari-Nya.
    Sholat tahajud memang indah. Di keheningan kita bisa bermunajat kepada Allah, tanpa batas atau penghalang…

  32. wow,
    sangat bermakna

  33. setiap orang punya pengalaman spiritual yang berbeda🙂

    salam kenal Mbak🙂

  34. assalamualaikum
    subhanallah, thanks ya postingnya bagus

  35. Keren habis, goresan yang syarat akan makna berbalut artistiknya hiasan menjelma. Sungguh mengesankan. Salam hangat.

  36. bangun…
    sekaranglah saatnya…

  37. lha, komengnya koq ilang? masuk spam kah?

  38. Sungguh menakjubkan karya Yang Maha Agung. Sebagai kholifah dimuka bumi kita wajib menjaga kelestarian ciptaan-Nya.
    Salam hangat dari Jombang

  39. Indah nian dan menyentuh Diaejeng, dan memang kadang kita angkuh pada Allah. Tumbuhan dan segala makhluk lain saja dalam Al-Quran dikatakan selalu memuji Allah tanpa kenal lelah, knp kita makhluk yg oleh-Nya dijadikan paling sempurnan tidak mau memujinya?Eh yang ada malah kita sering membangkang dan melawan Allah. Hemh………….

  40. bersyukur tiada akhir….
    karena memang hanya itu
    yang paling bisa kita lakukan
    demi Dia…
    yg tak pernah lupa dengan diri kita

  41. teduhnya disini…

    ngadem ah….😀

  42. tafakur yg luar biasa, doanya juga bagus..

  43. Wah bahasanya terlalu canggih buat saya ini hehehehe.
    tapi salut dah sama empunya blog…
    nice blog ini…
    salam.
    ini kunjungan pertama. mampirlah ke rumah saya kalo ada waktu.

  44. blognya bagus khas cewek
    numpang iklan, mau nulis blog dapat dolar, gabung aja di sini : http://jointhisgroup.cjb.net/
    kalau udah punya blog yang ada adsense nya, pasang aja di link file anggota.
    nanti kita kerjain rame2, terima kasih.

  45. wah sukma kok mengembara, jadi gentayangan dong, waktu hidup aja ga pernah keluar negri, udah jadi sukma kok bisa ?
    numpang iklan, mau nulis blog dapat dolar, gabung aja di sini : http://jointhisgroup.cjb.net/
    kalau udah punya blog yang ada adsense nya, pasang aja di link file anggota.
    nanti kita kerjain rame2, terima kasih.

  46. kalimatnya indah, walaupun aku tak terlalu faham. Salam kenal

  47. diaaaaaaajjjjeeeeeeeeeeeennggggggg…..
    wah lama juga aku gak berkunjung kesini… mengembara belantara maya..

    semoga lagi sehat dan baik-baik saja..

  48. wahhh diajeng..apakabar🙂

    postingan ini menyejukkan hati sekali…di mendung2 hari ini…
    thanks for sharing ya😉

  49. Salam kenal ya diajeng…
    Postingannya bgs…tp syg aq g smpt bc smua…maklum pke hpe gelap pula…gara2 lstrik yg mati mulu…
    Mampir blog beta jg ya..😀

  50. Mba, sukma yang mengembara mengingatkan saya pada ‘perjalanan spiritual’ ketika mengikuti suatu kegiatan pelatihan SDM semacam “ESQ”.

    Pelatihannya tidak lama, namun pengembaraannya terasa begitu mengesankan.

  51. Siapa yg mau kuis ada Disini.
    🙂

  52. mari kita saling berbagi, mari kita saling mengisi serta memberi *malu sama benda mati*, walau hanya dalam sebuah kesintingan *berbagi senyum maksudnya* hi hi hi ….

  53. paragraf terakhir … sukma yang kembali melayang, menggapai, mendekatkan, menyentuh … bermohon kepada pemilik sukma.

  54. bahasamu tingkat tinggi mbak. AKu sampe binun memaknainya. hehe..
    Eh, saiki domainku ganti. jadi http://ardianeko.net/
    monggo mampir..

  55. Tulisan yg sangat dalam….
    renungan yg sangat menggugah.. salut dengan jiwa syukurnya sist……

    have nice day ya sist……🙂

  56. maaf lama gak kesini, masih menyuguhkan puisi2 yang indah ya… nice poem
    salam hangat

  57. Subhaballah, sungguh indah pengembaraan sukma yang luar biasa ini. Tak ada keindahan yang lebih abadi kecuali bisa dekat pada Sang Maha….

  58. wah bener2 diajak merenung

  59. Berbuatlah untuk duniamu seolah2 kamu akan hidup selamanya di dunia ini, dan kerjakanlah untuk akhiratmu seolah2 kau akan mati esok~Rasulullah.
    Tidaklah aku ciptakan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku (Al-Quran).
    Salam hangat diAjeng

  60. blue
    datang
    lagi
    diajeung
    semoga
    tetap
    sehat
    ya
    salam
    hangat
    selalu

  61. Amin…..

    +mengamini doa….+

  62. beri saran agar pengembaraan sukma blue benar benar pada orang yang tepat
    salam hangat selalu ok………………

  63. aku datang membawa selaksa cinta yang terus bergulir dan blog ini akan selalu dinanti apapun isi dan maknanya. sebuah pengembaraan dalam dimensi yang selalu berubah. dan menanti sebuah tulis engkau hadir kembali. Adalah sebuah ketertungguan yang dinanti. S karyanya yang indah selalu di tunggu kehadirannya. ayo sempatkan diri, walau hanya satu atau dua paragraf .Terima kasih bila di respon

    Salam hangat selalu bersama kekasih hatimu semoga tetap dalam kebahagian yang hakiki. Amien

  64. Masih mengembara nih?😀
    sehatkah…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: