Ketika Al Ghirah Datang Menyapa

good morning004

“Bismillaahir rohmaanir rohiim”

🙂

Alhamdullilah aku panjatkan kehadirat sang penjaga jiwa Allah SWT yang sudah memberiku kemudahan terhadap semua yg ku kerjakan..sehingga semua berlalu dengan begitu indah….dan akhirnya aku bisa kembali berada disini..bercanda dan tersenyum bersama. Semoga persahabatan di antara kita memberikan manfaat yang sangat baik di kelak kemudian hari. amin ya rabb🙂

Hari ini aku ingin sejenak mengajak bercengkerama…mengulas sesuatu yang secara sadar ataupun tidak kadang begitu membuat hati dan jiwa menjadi begitu membara…dan bara-nya kadang berkobar-kobar sulit untuk di padamkan…dan pada saat itulah kita harus senantiasa mengucap

Istighfar.”

Teman-teman bisa tebak ga hayoo..apa yg mau aku sampaikan..?coba yg duduk dibelakang angkat jari…tahu ndak ? uhm…keknya Ada yang mau jawab nich *mendekat sambil bertanya) , “apaan hayo?”(*mendengarkan jawaban) yupi..benar…aku mau mengulas tentang al ghirah atau rasa cemburu.

nah..ada ga di antara temen2 semua yg seriiing banget dilanda cemburu..hayo jujur aja🙂

okelah yach..semua orang pasti pernah mengalaminya termasuk juga “aku”

awasjanganbandelyach

Teringat kembali saat di suatu sore duduk di beranda…mendengarkan sedikit wejangan (*ah apa ya namanya)🙂 saudara sepupuku datang menghampiri dan bertanya, “ diajeng pernahkah engkau di dera rasa cemburu yg berlebihan?””

Aku heran mendengar pertanya-annya. dalam hati aku berkata bahwa semua orang pasti memiliki rasa cemburu dan akupun menjawab,” Pernah lah..berapi-api malah sampai kadang tidak bisa di kendalikan, emang salah kak?”

Saudara sepupuku tersenyum. Dibalik balutan jilbabnya yang sangat rapi, bibir mungil itu menjawab,” Ngga salah diajeng…karena rasa cemburu merupakan fitrah dasar pada diri wanita yang mengalir dalam diri dan aliran darahnya..tapi kita harus menjaga fitrah itu agar tidak di lumuri gangguan dan bisikan-bisikan syetan.”

ros056

Aku jadi teringan sama bunda malik saat dia berkata bahwa kita harus mengikat rasa cemburu itu dengan tali iman dan membelenggunya dengan ikatan taqwa.

Memang benar, cemburu tidak akan muncul kecuali karena ada rasa cinta dan sayang. cinta yg semakin kuat…maka tingkat kecemburuan-pun menjadi semakin kuat.

Bunda malik pernah berkata bahwa,” Cemburu boleh saja nanda, namun cemburu yang terpuji.” aku terbengong mendengar ucapan beliau dan bertanya dalam hati,” cemburu yg terpuji itu seperti apa bunda? “

Dan aku baru mengetahui jawabannya ketika dengan sabar sang bunda menuturkan bahwa salah satu contoh cemburu yang terpuji adalah Cemburu terhadap hal-hal yang di harapkan Allah Subhanahu wa ta’ala , cemburu terhadap kehormatan (apabila ada yg mengotori kemuliaan dankehormatan dirinya) dan cemburu terhadap waktu (cemburulah untuk waktu kita yg terbuang tapi bukan untuk beribadah)

Seperti Rasulullah SAW,”

Tiga orang yang tidak akan masuk syurga adalah orang-orang yang durhaka terhadap kedua orang tuanya, duyutz (Orang yang tidak cemburu karena kehormatannya) dan wanita yang berperilaku kelelaki-lakian (Diriwayatkan Al-Bazzar)

dipangkuan bunda

Kembali aku bercengkerama dengan kakak-ku yang cantik itu. dan ketika dia bilang bahwa kita tidak boleh cemburu yg tercela aku langsung bertanya,” emang cemburu yg tercela itu yg seperti apa kak?”

Dia mencubit pipiku dan berkata,” contohnya..saat kamu cemburu kepada pasanganmu dengan sangat berlebihan sehingga kalian bertengkar.”

dan aku tersipu malu,” Oooops,hhh” Melihat aku tersipu kakak-ku menimpali,” makannya jangan pernah sekali-kali menyulut api cemburu seperti menyebutkan kebaikan pria lain di depan pasanganmu”

Aku manggut-manggut dan berjanji dalam hati mudah2an aku akan selalu berbaik sangka dan menjaga firah dengan ikatan taqwa yg senantiasa harus lebih kuat dari-hari kehari. bimbing aku ya Allah.

Mawarmerah

35 Responses

  1. 🙂 …

    Diajeng :🙂

  2. 🙂

  3. siang jeung
    2 hari lagi arisan u harus siap siap ok.

    wah postinganmu selalu bikin blue bangga padamu
    salam hangat selalu

    Diajeng : siap blue…mau pinjem baling2 bambu dulu sama dora emon biar bs ke bulan 🙂

  4. hehehe
    kirain alh ghirah itu semangat

    cemburu pada siapa?

    A seneng dikau kembali nulis😀

    (Diajeng : cemburu ga perlu pakai semangat A…sudah tumbuh dengan sendirinya🙂

  5. 😆 :mrgreen: 😆

    (Diajeng :🙂

  6. “Kalau aq melihat seorang laki-laki bersama istriku…,” kata Sa’ad bin ‘Ubadah berandai-andai. “Tentu akan kupukul dg pedang hingga ia tak bs mengeluarkan suara lagi!”

    Tak perlu kiranya kita heran dg kata-kata Sa’ad ini. Coz, ketika kata-kata ini disampaikan kpd Rasulullah, beliau justru b’sabda, “Apakah kalian heran thdp p’kataan Sa’ad. Demi Alloh, aq lebih cemburu drpd dia, dan Alloh lebih cemburu drpdku..!” Demikianlah yg sampai kpd kita dr al-Bukhari dan Muslim.

    Cemburu itu tanda cinta. Betapa besar cinta ‘Aisyah kpd Rasulullah telah melahirkan begitu bnyk kisah kecemburuan yg menghias kitab sirah dan fiqh rumahtangga.

    Sesungguhnya ada diantara cemburu yg disukai Alloh dan adapula cemburu yg dibenci Alloh. Cemburu yg disukai Alloh adalah cemburu yg disertai keragu-raguan. Sedangkan cemburu yg dibenci Alloh adalah cemburu yg tanpa keraguan lagi. (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan An Nasa’i)

    Lagi cemburu ya?

    (Diajeng : makasih tambahannya kak…uhm..enggak kok…kebetulan lagi ngga cemburu🙂

  7. Hm.. balik2, langsung cemburu.. Hahaha..😀 Apa khabar Diajeng?

    Ngomong2 Cemburu itu orang yang suka bawa2 senjata mencari binatang di hutan-hutan bukan sich..?

    *Belagak bingung.com*😀

    (Diajeng : walah mas nug….yang suka mencari binatang di hutan pake senjata itu namanya kanguru atuh mas…jangan bingung gitu atuh🙂

  8. salam hangat ade..,

    pangapunten baru maen lagi ke tempat ade,

    sudah jadi belum sabunnya d’.

    (Diajeng : monggo mas andi….dipun sekecaa’ken…mboten menopo-menopo..kawulo nggih nembe kemawon jengkar saking sekar kedaton…kempal poro kerabat..mangayubagyo jagat perbloggeran malih…🙂

  9. wow… kunjungan perdana
    – kesan pertama: tampilan blog MANTAPPP
    – postingannya apalagi🙂

    Cemburu… itu tandanya cinta kan
    Fitrah rasa yang diciptakan bukan untuk memicu pertengkaran
    justru memberi warna yang lebih indah
    pada apa yang kita namakan CINTA

    hihihi… bener ga seh???

    (Diajeng : makasih..hanya blog sederhana saja kok….:)

    • wow…sama qta..yaa..? kunjungan perdana jugak.!

      Cemburu… itu tandanya cinta kan
      Fitrah rasa yang diciptakan bukan untuk memicu pertengkaran
      justru memberi warna yang lebih indah
      pada apa yang kita namakan CINTA..

      waah..setujuh ..deeh..!

      😆

      (Diajeng :🙂 cuman jangan berlebihan kali ya dalam hal cemburu🙂

  10. Iya de,bila cinta itu karena Allah maka cemburu krn Allah,moga di ikat dgn cinta krn Allah,test pake hp smart

    (Diajeng : wah HP smart-nya berhasil kak🙂

  11. aku sering cemburu kenapa waktuku acapkali terbuang sia-sia…
    aku juga sering cemburu karena besarnya cintaku pada kekasihku…
    cemburu..cemburu… abstrak tapi dahsyat esensinya..

    (Diajeng : iya…makannya harus di jaga ya kak…🙂

  12. selamat datang kembali, saya punya banyak kepingan kenangan dan terbaru di Purwahamba, mungkin pekan depan singgah di pwt

    (Diajeng : segera meluncur ke pantai purwahamba🙂

  13. aku datang sambil bersajak
    kata salampun daku haturkan

    aku datang meninggalkan jejak
    tanda persahabatan ku sematkan

    (Diajeng :

    Pergi merantau ke tanah padang
    bawa bingkisan untuk sang paman

    aku ucapkan selamat datang
    mohon maaf bila tak nyaman🙂

  14. Wah sdh muncul lagi nich…seperti sdh tahunan ya padahal br sebulan haaaaaa kenapa ya???

    (Diajeng : iya pak..eh mba lili…(*status meragukan nich…uhm) kenapa coba…?kok malah nanya tho mba ?ya ga kenapa-napa kalo hiatus mah jangan lama-lama atuh…:)

  15. Akhiirrnya…muncul lagi, glad to see you again..🙂

    *cuma mau ngomong..eh nulis itu doank..hehehe..
    (lagi gak cemburu..🙂 )

    (Diajeng : muncul lah A’ masa ngumpet terus…🙂

  16. apa kabar mbak diajeng ?
    semoga selalu sehat ya.
    Rasulullah pernah berkata pd sahabat : bahwa pencemburu paling besar adalah Allah swt.
    yakni; tatkala hambaNYA menyembah selain DIA.
    salam.

  17. Subhanallah… Kini aku mengerti cemburu yang terpuji itu…
    Semua ternyata gayut waktu ya Mba…
    Harap ku, mudah-mudahan kita dapat mengoptimalkannya….
    Sehingga berbahagia kelak di syurga-Nya. Amin.
    🙂

    (Diajeng : amin ya Rabb..semoga bisa ya mas🙂

  18. subhanallah

  19. Cemburu ada 2 macam

    1. Cemburu karena kekasih
    2. Cemburu terhadap kekasih

    Cemburu karena kekasih ialah
    semangat yang menggelora dan marah karena kekasih,jika haknya diremehkan,kehormatannya dan di kurangi dan mendapat ganguan dari yang tidak disukai.Sehinga orang yang mencintainya menjadi marah dan meradang lalu cemburu karenanya.(Ini kecemburuan yang hakiki bagi dari orang yang jatuh cinta)

    Cemburu Terhadap kekasih adalah
    kemarahan dan ketersinggungan orang yang jatuh cinta jika ada orang lain yang bersekutu dan mencintai kekasihnya dan sang kekasih mencintai yang lain di samping mencintainya

  20. ghirah bukannya semangat ya? hehehe..

  21. Cemburu?
    he he he belum punya pasangan jadi belum bisa mendefinisikan.

  22. ku cemburu bila org lain bisa lebih baik driku

  23. Dengan penuh kasih sayang kepada sesama dan dengan rasa bangga saya persembahkan sebuah award untuk adinda dengan harapan agar award ini menjadi pemacu semangat untuk terus berkarya dengan artikel-artikel menarik dan bermanfaat.Selamat,terima kasih dan salam dari Surabaya.

  24. Aku manggut-manggut dan berjanji dalam hati mudah2an aku akan selalu berbaik sangka dan menjaga fitrah dengan ikatan taqwa yg senantiasa harus lebih kuat dari-hari kehari. bimbing aku ya Allah, untuk membimbingnya kejalan-Mu.

  25. Manteb…
    Karafuru San lagi cemburu sama orang2 yang istiqamah…
    Seandainya bisa…

    Ayo!!! Semangat, Karafuru San!!

  26. halo met malem…gak bisa tidur nih jadi blog walking aja…happy blogging

    -> WordPress Application for Blackberry

    Diajeng: malem juga…silahkan masuk mas🙂

  27. semoga cemburuku cemburu yang terpuji

  28. solonya dimana mbak?

    nice blog

  29. kangennnnnnnnnnn
    blue kangaen nich
    salam hangat selalu

  30. oh begitu ya
    caranya pernikahan…., maklum baru 17+..,
    salam kenal…,

  31. (maaf) mau nitip pesen buat semua penghuni dunia maya: “ikutan vote dan DUKUNG PULAU KOMODO SEBAGAI 7 KEAJAIBAN DUNIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: