KALA HATI BERLABUH DI UJUNG DZIKIR

rabu-nyadiajeng

“Sesungguhnya hati berada di antara dua jari dari jari-jari Tuhan yang dapat Ia bolak-balik sesuai dengan apa yg DIA inginkan (HR muslim, imam ahmad, hakim, tabari, baihaqi, dan ibnu maajah)

Jadi janganlah engkau ragu akan satu hal yang telah kau mantapkan lewat doa dan sholatmu kepada-NYA. karena sesungguhnya inilah jawaban atas semua yg kau minta

Itu yang telah di ucapkan dengan sangat bijak oleh orang yg melahirkan-ku..saat aku menangis di pangkuan-nya kemarin. serasa air yang sangat menyejukan relung jiwa dan relung hati…karena kebimbangan terkadang milik semua hati manusia.

pelukdiajeng

saat sore hari-nya aku dibawa dan dihadapkan ke pangkuan bunda hj.malik, guru ngaji mamah.. dan aku terpaku…tenggelam dalam nasihat – nasihatnya…diam seribu bahasa…merenung dalam makna yang dalam, “Ya Alloh betapa selama ini hatiku belum benar-benar berlabuh”

Dan hari ini..masih terngiang kata-kata bunda malik saat dengan belaian yg sarat kasih sayang..membelai rambutku kala aku bersimpuh…

Nanda…selalu senandungkan dzikir kepada Alloh SWT….karena hati yang selalu mendendangkan dzikir ibarat mata air yang memiliki dua sumber yang terdapat ikan-ikan kecil disekitarnya…nanda lihat kan…setiap kali mata air itu berlumpur, ikan-ikan semakin sering bolak-balik…nanda bisa bayangkan jika tidak ada ikan-ikan itu..maka mata air akan tertutup oleh lumpur. Nanda…air walopun sangat jernih tidak akan terlepas oleh debu yang tertiup angin…jika sumber mata air itu tersumbat..maka airnya tidak akan meresap dan tidak akan mengalir”

satutangkaimawardiajeng

aku begitu lama mencerna kata-kata bunda..dan semakin dadaku berkecamuk..semakin ingin sekali aku bertanya, “ Apa hubungannya dengan hati dan kebimbanganku bunda ?”

dan kembali suara yg berat berwibawa itu berkata..sambil memandang wajahku yg sembab dengan air mata,” Begitupun dengan hati nanda….sumber-sumber hikmahnya akan tersumbat manakala kotoran-kotoran nafsu dan debu hawa nafsu menumpuk. nanda….didalam hati terdapat debu, asap dan kabut sesuai dengan ukuran syahwat…jadi berhati-hatilah.”

dan aku kembali terpana, betapa dzikir itu bisa membersihkan hati kita dari kotoran-kotoran itu, Subhanalloh. jadi teringat saat dulu ada di kost putri analis. ada satu kakak tingkat yang hampir setiap hari dan setiap detik berdzikir… mungkin berhentinya saat makan dan ngobrol doank. dan menjelang tidur kami selalu bicara tentang kebesaran Alloh SWT. (*salam sayang buat mba made ivana prabaningrum)

mawardiatasair

De…Alloh telah menciptakan pendengaran dan penglihatan didalam hati sebagaimana DIA menciptakan keduanya dikepala. apa yang di dengar dan di lihat oleh pendengaran dan penglihatan kepala maka akan membuat hati menjadi yakin, jiwa menjadi tenang dan dada menjadi lapang.. semua itu datang dari Alloh Yang Maha Agung. jangan pernah bimbang terhadap keputusan Alloh SWT…apapun itu semua harus diterima dengan ikhlas. Jika jiwa ada dalam kebimbangan maka hati akan bergerak dan menuju ke arah apa yg di larang oleh Alloh SWT. makannya de…jagalah hati dengan selalu menyenandungkan dzikir..itu akan membersihkan hati dari apapun juga “

Tuhan…jagalah aku dari kegelapan hati..kedangkalan fikir dan angin yang membawa debu-debu yang mengotori hatiku. hembuskanlah selalu kebenaran di setiap hawa yg masuk ke dalam telingaku…di setiap butiran-butiran oksigen yang aku hirup. Ya Tuhan… janganlah engaku jdikan hati kami condong ke arah kesesatan sesudah engkau beri petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi engkau, karena Engkau-lah maha pemberi (karunia) (Ali imron : 8 )

Amiiiin🙂

mawarmerah6

53 Responses

  1. sebuah perenungan yang panjang membutuhkan energy yang luar biasa. ketika kita dalam satu kotak berfikir maka tingkat perenungan hanya sekedarnya namun ketika keluar dari kotak itu maka energy itu akan membuncah keluar dengan dahsyat , salah satu energy terbesar itu adalah Dzikir
    dan engkau mampu menyampaikan pesan ini dengan sangat baik..

    (Diajeng : makasih kak….hanya sekedar curahan hati🙂

  2. put…pa kabar?😀
    kapan mau nikah?😉

    (Diajeng : baik deaaaaa (*peluk dan cium)….kapan..?uhm..mey dea….dateng yach…(*hayah..meybe 2010…maybe 2009…maybe yes…maybe no…wiiiikzz….ga ding becanda )😉

  3. Amiin..

    *turut berdoa dan mengamini doa diakhir tulisan yang dalam makna ini*

    (Diajeng : makasih mas..amiiin🙂

  4. turut bersimpuh mendengarkan wejangan, merasuk mak nyes

    (Diajeng : adem yo mas…tapi jangan ikutan nangis ya..hehehe🙂

  5. Ingatlah allah
    niscaya allah mengingatmu

    (Diajeng : pasti lah mas🙂

  6. menyadarkanku yang sering terlupa untuk selalu menyebut asma-NYA..
    lagi-lagi aku larut dalam perenungan bersamamu de..

    (Diajeng : mari sama-sama saling mengingatkan untuk selalu ada di jalan_NYA kak🙂

  7. sungguh perenungan yang dalam, jeng… sebab saya pun tak sadar dengan hati yang mulai menghitam, berkerak-kerak oleh iri, dengki, dan dusta… lupa membasahi bibir dengan dzikir… atau malah lupa bahwa hari-hari yang saya lalui itu adalah jalan menuju akhir hayat saya…

    Yaa muqolibak quluubitsabit. qulbi ‘alaaddiniq…

    semoga Tuhan tidak menyesatkan saya setelah memberikan petunjuk kepada saya
    semoga Tuhan menunjuukan kepada saya jalan yang lurus, ialah jalan yang Dia ridhoi atas mereka, dan bukan jalan mereka yang ditimpakan azab atas mereka, dan bukan pula jalan mereka yang sesat…

    (Diajeng : semoga kita selalu berada dijalan yang lurus ya kak…🙂 mari saling mengingatkan🙂

  8. Yaa muqolibal quluubitsabit. qulbi ‘alaaddiniq…

    wahai sang pembolak-balik hati… tetapkanlah hati ini untuk tetap bertaut mutlak kepada dien-Mu…

    (Diajeng : amiiin….:)

  9. ternyata diriku harus banyak zikir juga..^^

    (Diajeng : kita semua mas hery..harus banyak2 berdzikir🙂

  10. Aa’ mesti banyak introspeksi diri nih..😦

    (Diajeng : introspeksinya sambil senyum ya A🙂

  11. siang dewiku…

    dalam hujan dan permainan waktu, semoga kau selalu dalam penjagaan-Nya.
    tetaplah berdzikir mengingat-Nya dewi… karena Dia akan selalu menjagamu, dalam setiap derita dan cinta, dalam setiap kegundahan dan kegelisahan yang kau rasakan. semoga ^_^

    (Diajeng : terima kasih akang🙂 amiiin….:)

  12. Renungan yang menarik.
    Cenya95 minta mawarnya dunk…tuk hadiah perkawinan… soalnya mawar ditempatku tidak mekar-mekar.
    Makasih
    Salam hangat selalu

    (Diajeng : hm…boleh tapi metiknya jangan banyak-banyak yach….cuman buat hadiah perkawinan aja kan…?yo wis…salam buat yg ada disampingmu…uhm..🙂

  13. Aminn🙂

    Jagalah hati, Jangan Kau Kotori

    Jagalah hati, Cahaya Illahi….

    Merasa hati ini sepi? Merasa hati ini kosong? Bisa jadi hati tersebut sakit…. dan Obatnya hati itu ada 5, Membaca Qur’an dan maknanya, shalat malam diperpanjang, menjalankan puasa sunnah, berkumpul dengan orang-orang shaleh, dan banyak-banyak mengingat-Nya. Insya Allah Hati akan menjadi terisi kembali, menjadi lebih terang, menjadi tenang.

    Tak percaya?? Buktikan sendiri…^^

    (Diajeng : makasih petunjuknya mas…akan selalu di ingat 5 hal tersebut🙂

  14. asalamu’alaikum

    damai di http://mylove-vs-mylove.blogspot.com

    (Diajeng : waalaikum salam,wrwb🙂

  15. Malem diajeng…

    Salam hormat buat sosok bijak yang melahirkanmu diajeng ^_^

    (Diajeng : terima kasih mas….:) kapan disampaikannya yach..kan dah balik jakarta lagi…nanti dech suatu saat pasti nyampai, Ansya Alloh🙂

  16. oh iya.. hmm… minta tolong sampaikan pada dewi mawar, aku udah sampe di tanta nich, sekitar jam setengah sembilan, langsung sholat maghrib tadi, keburu loh, kan maghribnya jam 8🙂

    satu lagi buat dewi mawar “jangan terlalu bersedih, sang bintang selalu setia menunggunya”
    tolong sampaikan ya sahabatku😉

    (Diajeng : sudah tak sampaikan…ada ada pesan balik katanya..menjelang ujian….rajin2 belajar di tanta..jangan ke cairo mulu….terima kasih telfonnya juga katanya…🙂

    • Diajeng sahabatku…
      makasih udah repot2 nyampekan pesenku padanya,,,
      boleh pesen lagi ga? (tar ada bonus deh buat diajeng)😉 “tar sore aku mo telfon dia lagi..” sttttt… bisik2 aja yah.. takut kedengeran sama yang lain.
      makasih sebelumnya sahabatku…

      (Diajeng : pesen mulu…kapan di kasih upahnya..ya dech tar disampaikan…tapi entar pas pulang bawain unta gurun yach…was lho kalo ga di bawain…🙂

  17. u lebih canggih sekarang postinganu diajeng.
    takjub dech blue pada u
    salam hangat dalam dimensinya blue

    (Diajeng : hayah blue…biasa aja kok..🙂 salam damai yach…🙂

  18. siang…
    met jalani hari ke-31 bersama bintang, moga bahagia🙂
    redup cahayaku, namun mampu menyelimuti malam-malam mu.

    *salam hangat dalam gemerlapnya bintang*

    (Diajeng : makasih yach…jangan bosan menyinari malam🙂

  19. Met kenal mbak diajeng, setelah saya simak tulisan ini…rasanya mbak meresapi & empati sekali ya…seperti terjadi beneran pada diri mbak…semoga Allah memberikan yang terbaik buat kita semua…Amin.

    (Diajeng : memang beneran terjadi kok mas…eh niki…(*maaf salah)..salam kenal kembali …ini temennya mas soleh ya..kok IP-nya sama….apa ini istrinya mas sholeh….?🙂

  20. Met kenal mbak diajeng, bagus sekali websitenya & postingannya. numpang kenal ya mbak diajeng, saya ani. maaf mbak atau diajeng sih saya nyebutnya. he…he…he… Sukses selalu buat kita semua.

    (Diajeng : manggilnya ga usah pake mbak lah..gapapa kok…biasa aja mba baru lg belajar menulis..semoga sukses juga yach🙂

  21. met kenal juga mba ani…
    opss… bukan aku yah:mrgreen:

    *kaboooor*
    takut ditimpukin diajeng pake mawar😉

    (Diajeng : cieeeh..suit-suit..uhm…🙂

  22. keindahan berbuah keindahan

    (Diajeng : semoga semuanya indah🙂

  23. komentku gak muncul2 kenapa ya???

    (Diajeng : muncul kok kak🙂

  24. keindahan hati : Menjadikan hidup jadi Indah

    (Diajeng : semoga kak…semangt terus yach..🙂

  25. lama tak berkunjung…

    dzikir … dzikir…
    eling sama Allah
    duh susahnya…
    kadang hati ini terikat dunia mulu..

    makasih wejangannya…

    (Diajeng : iya..harus selalu eling ya mas…:)

  26. Rani,A harus menulis apa di sini

    (Diajeng : tulis apa aja Aa…. disini gada anjing galak kok..jd ga usah takut..hehehe🙂

  27. Postinganmu kali ini adalah nasihat tepat buat A

  28. A , nasehatnya bukan buat a aja, buat aku juga A.

    Postingan nya , mengharu biru, sesuatu itu mulai keluar dari hati nuranimu, ada pengharapan yang membuncah, keluar setelah beberapa waktu tersimpan.Aku jadi mengelitik perasaanku. kenapa kau berlabuh ke yang kau pinta setelah dzikir tlah kau lakukan .saatnya kau mengambil keputusan setelah semuanya kau lihat, oke saatnya tilah tiba putri.

    ada banyak yang menunggumu.oke

    (Diajeng : nasihatnya sebenarnya buat diri sendiri kak..tapi jika yang lain bs mengambil hikmah dari tulisan sederhana ini ya Alhamdullilah🙂 uhm…saatnya apa ya kak..? menentukan pilihan..?kan udah kemarin pas tanggal 9 april —-> pojok kanan atas kan..hihihi…kakak nich ada2 ajah ah…🙂

  29. Amin …ade aku bantuin do’a buat ade , biar tambah Shaleha . dan kemudian menjadi salah satu perhiasan didunia ini…. siap siap d’ banyak yang antri tuh…..(mas itmam kapan pulang ya..)

    salam hangat selalu buat adeku .diajeng

    (Diajeng : amin..makasih doanya mas…lho kok tanya mas itmam kapan pulang..dia mah masih lama atuh..akhir 2010 paling cepet (*colek mas itmam, “bukan begitu mas ? katanya mau ke arab atau ke jakarta dulu nich…uhm… ” )🙂

    • iih diajeng main colek2 segala.. huff…
      ga jadi ke arab.. langsung ke jakarta aja, mo nglamar diajeng… ops.. ngelamar sbg karyawan tetap penunggu kebun mawar😉
      kemaren cuman jadi honorer saat pemilik kebun pulkam…
      moga diterima yah…🙂
      oh iya, jangan biarkan taman mawar diajeng ditumbuhi ilalang sebelum aku kembali yah… ^_^

      (Diajeng : ya maaf…td kan lagi nimpalin candaanya mas andi oka…(*mikir – kok bisa kedengeran sampai tanta yach)🙂
      beneran mau melamar nich…yakin..?ga dipikir2 lagi…?coba tengok kanan-kiri dulu…hihihi…(*duh tersanjung..deg2an iiieeehh)🙂 uhm….boleh… bawa-annya sepasang unta gurun yang pungguknya ada 3…sepasang keledai yang besarnya lebih besar dari kambing…dan satu truk pasir putih dari sungai nil…harus nyampai ke jakarta sebelum adzan subuh..kalo semua bisa di kabulkan…maka di jamin tak ada satupun ilalang yg tumbuh di kebun mawar sampai akhir tahun 2010..deal…or..no deal (*kek tantowi yahya yach…)🙂 okey akang…ditunggu yach..sebelum bunyi ayam jantan berkokok esok pagi ..;) (*kasih 2 jari nich buat orang cairo sudah berani melamar…padahal juauuuhe poooollll lho….hehehe)🙂

  30. tuh kan jadi lupa d’ . ya d’ nanti bentar lagi aku update postingannya ya, mampir lagi ya.

    (Diajeng : sip mas…meluncur dech tar🙂

  31. Ooo gitu ya mba
    moga kita tetap dalam iman islam dan dijadikan orang2 yang slalu mengingat NYA.amin
    assalamualaikum.,.
    lam kenal obaghy(obaji)🙂

    (Diajeng : salam kenal kembali🙂

  32. pagi diajeng
    met hari minggu
    salam hangat dalam dimensi persahabatannya blue

    (Diajeng : selamat hari senin blue🙂

  33. wah… renungan yang indah mbak… ^^

    terimakasih mbak ^^

    (Diajeng : sama-sama nisa…🙂

  34. Amin untuk segala doa2nya diaajeng….doa2 yang indah.. :)… semangat terus yah…

    (Diajeng : makasih mas…selama ada matahari..pasti aku akan semangat. mas juga harus semangat ya…denger2 tahun ini mo nikah..?uhmm…jangan lupa undangannya🙂

  35. Nice to meet you there…

    (Diajeng : thanks, welcome, brother🙂

  36. Semoga doa ini menembus tabir sampai langit ke tujuh.

    salam kenal

    (Diajeng : amin..salam kenal kembali mas hanif🙂

  37. Terselip diantara jemari, melantun dgn asma Allah.., hati terasa begitu damai..

    (Diajeng : dan mari genggam jemari…senandungkan takbir-takbir Illahi….menuju singgasana tertinggi🙂

  38. good morning

    (Diajeng : semangat terus kak🙂

  39. iya jeng…

    karena dengan berdzikir lah, hati kita bisa benar-benar tenang…

    sigh… kangen Kamu, Tuhan…

    (Diajeng : kalo aku kangen kamu sist🙂

  40. sesungguhnya dzikir itu upaya menginggat Allah, yang paling mudah adalah berdzikir dengan lisan, berdzikir dengan hati dan tindakan itu jauh lebih sulit..
    Uhm… ada yang mau lamaran nih…dah dapet restu blum??… hehe

    (Diajeng : ya Tuhan kan maha tahu..yg penting kita mau berusaha berdzikir :)…uhm…lamaran..?wah udah telat..dah lewat dari 1 malem 😛

  41. untuk mas itmam: tenang aja mas nanti biar tak bantuin syarat syarat dari ade diajeng..h h h , asal di bayaran mas transport aku ke sananya, masa berenang dari disini , kok teganya.

    untuk diajeng : didalam cinta pasti ada kepercayaan.

    aku ikut senang aja. h h h

    (Diajeng : mas andi iki lho…malah memperpanjang masalah..wong lagi becandaan kok (*iya ga mas itmam…uhm🙂 )…lha wong tadi subuh ga enek apa-apa di depan rumahku kok..jangankan pasir putih dari sungai nil..batang idungnya si unta juga ga nungul…:)

  42. 🙂

    (Diajeng :🙂 )

  43. wah , wah. soal lamar melamar nih jadinya
    ada yang marah lhoh ,ada yang panas . mas becandanya jangan diterusin mas ya.Heeeehe🙂

    (Diajeng : tahu nich mas andi becanda ajah🙂

  44. mas andi hati – hati di jalan mas. hahhaaaa

    (Diajeng : wah perhatian banget sama mas andi..cieeeh…🙂

  45. thx dah mampir ke blog saya.
    iya nih, postingannya keren sangat

    (Diajeng : sama-sama mas…ah biasa aja kok🙂 makasih kunjungannya🙂

  46. Belum ada postingan baru ya Diajeng..?

    (Diajeng : hm..tuh tengok atas dech…🙂

  47. gimana ini .apakah terlalu sibukkah sehinga postingannya belum ada, ya aku doakan semoga baik – baik aja ya🙂

    oke

    (Diajeng : makasih kak..tuh udahan🙂

  48. haduh…jadi malu. saya sering lupa. kalo udah kerja lupa…kalo udah ngblog lupa….untung blogwalkingnya ke tempat diajeng😀

    amiiiiin…

    (Diajeng : yach saling mengingatkan aja ya mas🙂

  49. Hi, cool post. I have been thinking about this topic,so thanks for blogging. I’ll likely be coming back to your site. Keep up the good work

    (Diajeng : thanks You…nice to meet you🙂

  50. mau mawarnya donk setangkaii aja
    yang putih adakan?
    lam kenal obaghy(obaji)

    (Diajeng : hm..mawar putih yach….aku cari di kebun dulu yach….🙂 salam kenal kembali🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: