HARIMAU DAN SERIGALA

Assalamualaikum,wrwb…..

ihik22

Hari ini diajeng mau serius ah…ga mau becanda….ini tentang falsafah hidup yang di gambarkan dalam suatu cerita fabel

yang ini beneran kok…suer dech…kalo boong sentil aja pipinya

bertiga

ihik23Kita bisa ambil hikmah dari cerita ini

okeeey…sekarang semua duduk yang rapi….(*sambil nggelar tiker)..yang mau sambil minum silahkan..atau makan kuaci ya monggo…tapi paling enak siii..duduk nyender di bahu sang kekasih..sambil di supain makan popcorn (*hayah..ndak jadi ndengerin cerita dunx ya diajeng…)

yo wis….cerita di mulai yach….

tiger-tatianagif

Di sebuah hutan, tinggallah seekor serigala pincang. Hewan itu hidup bersama seekor harimau yang besar berbadan coklat keemasan. Luka yang di derita serigala, terjadi ketika ia berusaha menolong harimau yang di kejar pemburu. Sang serigala berusaha menyelamatkan kawannya. Namun sayang, sebuah panah yang telah di bidik malah mengenai kaki belakangnya. Kini, hewan bermata liar itu tak
bisa berburu lagi bersama harimau, dan tinggal di sebuah gua, jauh dari perkampungan penduduk.

serigala250px-falklandislandfox2Sang harimau pun tahu bagaimana membalas budi. Setiap selesai berburu, di mulutnya selalu tersisa sepotong daging untuk dibawa pulang. Walaupun sedikit, sang serigala selalu mendapat bagian daging hewan buruan. Sang harimau paham, bahwa tanpa bantuan sang kawan, ia pasti sudah mati terpanah si pemburu. Sebagai balasannya, sang serigala selalu berusaha menjaga keluarga sang harimau dari
gangguan hewan-hewan lainnya. Lolongan serigala selalu tampak mengerikan bagi siapapun yang mendengar. Walaupun sebenarnya ia tak bisa berjalan dan hanya
duduk teronggok di pojok gua.

Rupanya, peristiwa itu telah sampai pula ke telinga seorang pertapa. Sang pertapa, tergerak hatinya untuk datang, bersama beberapa orang muridnya. Ia ingin memberikan pelajaran tentang berbagi dan persahabatan, kepada anak
didiknya. Ia juga ingin menguji keberanian mereka, sebelum mereka dapat lulus dari semua pelajaran yang diberikan olehnya. Pada awalnya banyak yang takut,
namun setelah di tantang, mereka semua mau untuk ikut.

cowok-2

Suuuumpriiit…. dech kalo pertapa-nya kek gini..diajeng dengan senang hati juga ikut ke hutan..biarin dech dikejar macan…ndak papa….aku rela..suer dech..tinggal bawa pistol…cuiiiits…

tembak31

Di pagi hari, berangkatlah mereka semua. Semuanya tampak beriringan, dipandu sang pertapa yang berjalan di depan rombongan. Setelah seharian berjalan, sampailah mereka di mulut gua, tempat sang harimau dan serigala itu menetap.
Kebetulan, sang harimau baru saja pulang dari berburu, dan sedang memberikan sebongkah daging kepada serigala. Melihat kejadian itu, sang pertapa bertanya
bertanya kepada murid-muridnya, “Pelajaran apa yang dapat kalian lihat dari sana..?”
.Seorang murid tampak angkat bicara, “Guru, aku melihat kekuasaan dan
kebaikan Alloh SWT Alloh SWT pasti akan memenuhi kebutuhan setiap hamba-NYA. Karena itu lebih baik aku diam saja, karena toh Alloh SWT akan selalu memberikan rezekinya kepada ku lewat berbagai cara.”


Sang pertapa tampak tersenyum. Sang murid melanjutkan ucapannya, “Lihatlah serigala itu. Tanpa bersusah payah, dia bisa tetap hidup, dan mendapat makanan.”
Selesai bicara, murid itu kini memandang sang guru. Ia menanti jawaban darinya. “Ya, kamu tidak salah. Kamu memang memperhatikan, tapi sesungguhnya kamu buta.
Walaupun mata lahirmu bisa melihat, tapi mata batinmu lumpuh. Berhentilah berharap menjadi serigala, dan mulailah berlaku seperti harimau.”

Adalah benar bahwa Alloh SWT ciptakan ikan kepada umat manusia. Adalah benar pula,
Alloh SWT menghamparkan gandum di tanah-tanah petani. Tapi apakah Alloh SWT ciptakan ikan-ikan itu dalam kaleng-kaleng sardin? Atau, adakah Dia berikan kepada kita
gandum-gandum itu hadir dalam bentuk seplastik roti manis? Saya percaya, ikan-ikan itu dihadirkan kepada kita lewat peluh dan kerja keras dari nelayan.
Saya juga pun percaya, bahwa gandum-gandum terhidang di meja makan kita, lewat usaha dari para petani, dan kepandaian mereka mengolah alat panggang roti.

bakar-daging

Begitulah, acapkali memang dalam kehidupan kita, ada fragmen tentang serigala yang lumpuh dan harimau yang ingin membalas budi. Memang tak salah jika disana
kita akan dapat menyaksikan kebesaran dan kasih sayang dari Alloh SWT . Dari sana pula kita akan mendapatkan pelajaran tentang persahabatan dan kerjasama. Namun,
ada satu hal kecil yang patut diingat disana, bahwa: berbagi, menolong, membantu sudah selayaknya menjadi prioritas dalam kehidupan kita. Bukan karena hal itu
adalah suatu keterpaksaan, bukan pula karena di dorong rasa kasihan dan ingin membalas budi.

love-smiley-04

Berbagi dan menolong, memang sepatutnya mengalir dalam darah kita. Disana akan ditemukan nilai-nilai dan percikan cahaya Alloh SWT . Sebab disana, akan terpantul
bahwa kebesaran Alloh SWT hadir dalam tindak dan perilaku yang kita lakukan. Di dalam berbagi akan bersemayan keluhuran budi, keindahan hati dan keagungan
kalbu. Teman, jika kita bisa memilih, berhentilah berharap menjadi serigala lumpuh, dan mulailah meniru teladan harimau.

thefinger11

mawarmerah13


28 Responses

  1. seneng saya bisa pertamax di blog wong wonosobo, nice city. beberapa kali saya ke rumahnya pak choliq arif. Wah, mie ongkloknya itu lo…

  2. sore jeung
    kalau blue harimau atau serigala…………..
    salam hangat selalu

    (Diajeng : kalo blue…apa yach…sik..sik..sik..tar kalo ketemu baru aku bisa liat sebenarnya blue itu serigala atau macan…hehehe🙂

  3. Terima kasih sudah berbagi Diajeng…

    Berbagi makanan, berbagi sabun, dan berbagi yg lainnya..:D
    Jangan bosan untuk berbagi lagi yah..😉

    (diajeng : weks..kok ada brbagi yg lainya..walah tar dikira brbagi apaan lho A’…dudutz nich si Aa 🙂

  4. Yang ganteng pertapanya ya…???
    Salam hangat dari Ayah

    (diajeng : hihihi..iya yah..gantengan pertapanya drpd macanya…sumprit d…bawain pulang bwt diajeng dunx yah🙂

  5. Saya seneng baca cerita ini, karena didalamnya mengandung unsur yang baik. dalam cerita ini saya dapat mengambil hikmah bahwa manusia juga tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain di sekitarnya!

    (diajeng : makasih mas,nanti sy akan brcerita lg yg lbh menarik ya🙂

  6. Wah, makasih atas kunjungannya ke blog saya. Tetangga jauh, saya lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, tapi merantau sampai Kalimantan Tengah. Yang sama hanya tengahnya saja.

    Cerita yang bagus. Kita memang harus memandang dari kejauhan dan secara lengkap. Jangan sepotong-sepotong.
    Ini juga yang harus kita lakukan sebelum memilih.

    (diajeng : wah,sering pulkam ndak tuh mas..purbalingga sudah bgs lho🙂

  7. hutannya di Wonosobo atau Banjarnegara?

    (diajeng : hutannya ada di mbanyumas mas…tapi kalo nanya’in pertapanya..uhmm..ada nich disini lagi nyender sambil baca blognya diajeng🙂 )

  8. ciee….
    jadi filsuf muda nih kaya’nya😉

    (Diajeng : ndak lah..mana bisa saya jd filsuf…kalo jd pengarang buku saya bisa kang🙂

  9. pagi jeung.semangat ya dalam segalanya
    salam hangat dalam dua musimnya blue ya

    (Diajeng : salam hangat juga blue…saya selalu datang di dua musimnya blue kok…)

  10. ya udah, jeng ikut daku ke hutan aja
    kan aku lagi bertapa🙂

    (Diajeng : wah pertapanya datang…ikut..ikut..ikuuuut…🙂

  11. wah mantap ceritanya. Bijak banget….. Salut….

    salam,
    http://ruangpena88.wordpress.com
    http://ruangasmara.wordpress.com

    (Diajeng : hallo mas baladewa…gimana masih aktif di detik forum..?maaf ya diajeng lama ndak nungul….:) )

  12. masa sich…??

    (Diejeng : entahlah🙂

  13. Wah.. cerita yang bagus…

    Pengen jadi Petapa (biar dikintilin Diajeng ke Hutan)… Kho.. ini gimana sih kesimpoulannya kok mbelok..??:mrgreen:

    (Diajeng : akang mau tahu ndak knp kesimpulannya mbelok..?karena aku ndak konsen liat pertapanya kang..maaf…:)

  14. udah ya..ceritanya…tadi saya tertidur mba hihihihih

    (Diajeng : yaaaach..malah tidur….padahal td saya bagi2 ice cream lho🙂

  15. tampilan dan tulisan dalam blog ini sangaaaaat menarik sekali.
    Ajaran saya dong cara buatnya….
    tulisan yang sangat menarik….
    salam kenal ya.. sudah tahu linus airways? Perusahaan Penerbangan yang menerbangi beberapa wilayah di sumatera, Jawa, Kalimantan, rencananya dalam waktu dekat ini Linus Airways akan terbang dari Bandung ke Palembang > Batam>Pekanbaru> Medan..
    for further information please call. 021.62203755
    Akan sangat menyenangkan jika Anda mau bergabung menjadi sahabat kami.. Mampir ke blog linus ya.. & jika berkenan tolong diinformasikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.
    Sukses selalu buat Anda.. Keep blogging!!!

    (Diajeng : iyah nanti aku promosiin ke temen2 dech..tapi dapet discount yach..kalo di banding air asia murah mana ? hehehehe…🙂 uhm…lha saya aja baru belajar posting tuh baru 4 biji..hihi..jd masih jauh dibanding blogger yg lain lah…:) tp gapapa nek mau belajar…sini duduk deket saya🙂

  16. permisi…diajeng…numpang berteduh dan salam kenal nih…blog yang cantik dan menyejukan.tutur kata yang anggun,seperti putri solo apa seperti yang punya yah…

    (Diajeng : monggo kangmas…lho kok panjenengan mangertos nek kulo meniko putri solo….?wah…bioso kemawon kok blog-ipun..nek panjenengan betah wonten mriki nggih sumonggo lenggah wonten ndalem keputren.🙂

  17. pemilihan kata dan ilustrasi yang tepat.Menghasilkan olah kata yang indah.Sejuk , lembut dan mengairahkan.
    Salam kenal .Sulit menjadi inspirator tapi anda telah membuktikannya.Thanks

    (Diajeng : salam kenal kembali..saya malah merasa bahwa tulisan saya tidak seindah para blogger yg lain….lihat saja mas…saya baru posting 4 x.:)

  18. Salam kenal ,pilihat kata yang tepat.indah untuk di baca .Moga menjadi inspirasi

    (Diajeng : Terimakasih….salam kenal kembali )🙂

  19. salam kenal yaa diajenggggg ;))

  20. aku harimau…

    (Diajeng : gimana si katanya kucing..kok sekarang berubah jd harimau..kek power ranger aja….:)

  21. dari harimau, srigala trus ke pangeran saudi hehehhe.. emang orang saudi gaya2, maklum deh raja minyak.

    makasih dah mampir diajeng, sukses selalu…

    (Diajeng : soalnya ketiganya ada kesamaan si mas….=)) sama-sama berbulu🙂

  22. Aku harimaunya ya…..ntar siapin goanya deket rumah Ajeng (deket rumah ada hutannya nggak??

    (Diajeng : adanya sawah dan kebun mas….maklum petani🙂

  23. pangerannya kok mirip aku ya… :D… he he
    kasih photo banyak yang naksir kali yah… nggak agh.. biar kayak gini ngga ada yang tahu .. tambah ngganteng bikin susah banyak yang naksir godaan pun banyakk..ngga kuat malah masuk neraka..

    (Diajeng : memang nek ndak ganteng udah yakin mau masuk syurga ?🙂

  24. liat tuh mbak rindu majang photo banyak yang naksir deh jadi nya… egh ra oleh ras – rasan … sepurane sing katah mbak rindu..

    (Diajeng : kalo saya memang ndak mau ada yg naksir kok mas..malah jd mumuetz….mendingan jangan taksir2an dech..lagian nek mau liat orangnya ya ketemu aja langsung ga usah susah2… ntar kalo saya majang foto juga mas emang yakin itu foto saya ..mendingan yg nyata-nyata aja…(*uhm…dudutz….)

  25. iya bener kadang orang itu terlalu terobsesi terus ngga sadar diri hidup seperti orang mati.. mending yang nyata – nyata bisa dinyatakan daripada yang maya – maya bisa berbahaya masuk kandang kuda.. iya kan

    (Diajeng : sip..mending yang nyata2 aja..kalo maya mah semua terlihat indah..tapi kenyataannya tdk semua trlihat indah bukan ?🙂

  26. memang benar apa yang dikatakan sang guru, di ibaratkan
    lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah…………….
    tetapi pada hal ini wajar bila seseorang mengharapkan seekor serigala yang lupuh kaerena mungkin dia berpikir menolong sesama itu lebih penting dari pada mementingkan dirisendiri walaupun dia harus rela terkena musibah yang menghadang dia sebab hal ini bisa terjalinya persahabatan yang abadi. toh pada akhirnya allah SWT yang akan minilai siapa diantara mereka yang berbuat baik. macan kh/srigala
    dan saya percaya bahwa allah SWT akan memberikan jalan terbaik bagi kedua binatang itu.
    hehehehehehehe……………………!!!!!!!!!!
    !!!!!!!

    (Diajeng : amin🙂 ambil hikmah yg baik aja🙂

  27. waaa…h mbak, postingnya menarik sekali.
    mengajarkan bahwa kita manusia sebagai makhluk hrs hidup berdampingan ya.
    lagi pula kita juga hrs berusaha dan berusaha.
    salam.

  28. salam kenal diajeng, ku lg sedih nih… coba ngelupain mantan pacar kok ngk bisa2 ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: