“Saat Hati Telah Terpaut…Menikahlah”

Goodmorning

Gending gamelan itu telah memenuhi pendopo kasatrian. sang romo prabu dan bunda permaisuri sudah jengkar dari sekar kedaton dan menuju taman keputren. disitu tampak Nimas ayu gusti raden ajeng sekar taji sedang di hias para dayang. Busana yg sangat agung sudah melekat di tubuh indah tinggi semampai yang tengah tersenyum simpul menyambut kedatangan romo prabu dan bunda-nya.

dewimawar

Dan sang romo-pun ngendiko dengan wibawa,” Nimas, sudah siapkah nimas menerima pinangan sang pangeran panji anom ? jika sudah siap, mari kita sama-sama menuju pendopo.

dan sang putri-pun menunduk penuh hormat sambil berkata,” sampun romo prabu…kawulo sampun siap. Menopo ingkang romo prabu dawuhaken dumateng kawulo, kawulo namung sendiko.” bunda permaisuri membelai rambut putri-nya yang indah bercahaya.dan merekapun berkumpul di pendopo.

gambardiambildaripujiastuti@yahoo

Disaksikan oleh para punggawa kerajaan, dan di iringi oleh alunan gamelan yang mendayu2 menyambut serombongan tamu dari kerajaan Menara gading. Setelah semua di persilahkan duduk, sang “congkok” (utusan penjalin jodoh ) mengajukan sembah hormat di hadapan paduka prabu dan mulai mengungkapkan niatnya. dan setelah semua ubo rampe siap, maka pambiworo mulai melaksanakan tugas untuk memandu acara pinangan

Bismilahirakhmanirrakhim

para pinisepuh ingkang kanurmatan soho para rawuh ingkang minulyo. monggo tansah kulo dere’aken muji syukur ing ngarsanipun kang murbeng dumadi awit sih welasipun kulo miwah panjenengan sedoyo kepareng kempal ngatresneni tumapaking adicoro srah-sarahan soho paningset ing wanci meniko.

kaparengo kulo pambiwara, mbabar wigatining titi laksono. deneng runut reroncening adicoro rinacik mekaten, adicoro sepisan pambuko, kaping kalih atur pambagyo harjo, kaping tigo-nipun wedharing gati, adicoro kaping sekawan serah-serahan lan kaping gangsal tumanggaping gati di pun lajengaken kaliyan ngasuk kalpika, kembul bujono lan adicoro pungkasan, pamitan.

Mekaten menggah reroncengan titi laksono wanci meniko, monggo sesarengan kawulo lan panjenengan sedoyo tansah mangayubayo mugio adicoro meniko saged kaleksanan lumampah kanthi rancag nir wikala nir ing sambekolo. amin :)

cincinputrimawar

*************************************************************

Demikianlah salah satu contoh sang pranata cara adat pinangan untuk para calon pengantin adat jawa.Untuk para sahabat yg ingin meminang sang penjaga hati-nya..terutama orang jawa..uhm..ada beberapa yang bisa di share yg berhubungan dengan adat istiadat yang biasanya lazim di gunakan

putridansa

Setelah dua hati menyatakan Ikrar untuk menjalani kehidupan ini bersama biasanya lanjutan runtutannya adalah silaturakhmi 2 keluarga besar yang di tandai oleh

Nontoni

Nontoni adalah ajang silaturakhmi dua keluarga besar yg akan menjadi besan

lamaran

Lamaran adalah datangnya keluarga calon mempelai Pria ke kediaman calon mempelai wanita untuk melamar secara resmi kepada orang tua calon mempelai wanita

Asok Tukon (gabung dengan serah-serahan)

Asok Tukon artinya pemberian sejumlah uang dari keluarga calon mempelai pria ke kelaurga calon mempelai wanita (*mungkin untuk membantu biaya syukuran atau pesta kali yach…uhm)

Peningset, Ngrasuk kalpika (*tukar cincin) dan serah-serahan

Peningset adalah cara dari keluarga calon mempelai pria untuk mengikat atau memberikan tanda ikatan bahwa sang mempelai wanita sudah mau di jadikan mantu (*adat moderen-nya tukar cincin atau bertunangan)

104758h0ve39bt9h

Biasanya saat acara ini beberapa hal yg di bawa sebagai ubo rampe (bingkisan) adalah

A. pisang sanggan atau gedang ayu ( pisang raja) setangkep yang telah matang melambangkan bahwa kedua calon mempelai sudah matang untuk menjalani kehidupan rumah tangga dengan bahagia

B. Suruh ayu melambangkan bersatunya dua hati

C. Busana sapengadeg yaitu pakaian lengkap sebagai sarana untuk pangadining sarira dan perhiasan

D. jadah atau wajik

E. Buah – buahan

Semua ubo rampe tersebut di hias sedemikian rupa sehingga terlihat cantik dan indah.

Pemasangan tarub biasanya di simbolkan dengan pemasangan bleketepe

7. Wilujengan yaitu selamatan sebelum acara mantu

8. Ngerik yaitu mencukur bulu halus di deket kening

9. Midodareni yaitu serangkaian acara dari jamas pasiraman sampai berdandan

10. Tumpak punjen yaitu sang calon mempelai meminta restu kepada orang tuanya

11. Resepsi yaitu acara sakral bertemunya sang mempelai wanita dan laki-laki yang akan di nikahkan oleh penghulu untuk memulai kehidupan baru.

hmmm….demikian sekilas prosesi adat pernikahan jawa…ada beberapa busana yg biasa digunakan dan di bawah ini ada beberapa contoh yang saya ambil dari  situs sahabat

Jogja9

gambardarirumahriasputput.multyply.comMawarmerah

About these ads

73 Responses

  1. absen dulu ah… :D

    (Diajeng : ya silahkan duduk.. :)

  2. para pinisepuh ingkang kanurmatan soho para rawuh ingkang minulyo. monggo tansah kulo dere’aken muji syukur ing ngarsanipun kang murbeng dumadi awit sih welasipun kulo miwah panjenengan sedoyo kepareng kempal ngatresneni tumapaking adicoro srah-sarahan soho paningset ing wanci meniko.

    kaparengo kulo pambiwara, mbabar wigatining titi laksono. deneng runut reroncening adicoro rinacik mekaten, adicoro sepisan pambuko, kaping kalih atur pambagyo harjo, kaping tigo-nipun wedharing gati, adicoro kaping sekawan serah-serahan lan kaping gangsal tumanggaping gati di pun lajengaken kaliyan ngasuk kalpika, kembul bujono lan adicoro pungkasan, pamitan.

    Mekaten menggah reroncengan titi laksono wanci meniko, monggo sesarengan kawulo lan panjenengan sedoyo tansah mangayubayo mugio adicoro meniko saged kaleksanan lumampah kanthi rancag nir wikala nir ing sambekolo. amin :)

    tolong di translate donk.. kan pengen tau artinya juga.. :)

    (Diajeng : walah si Aa…tar suruh eyang aja dech yg translate :)

  3. Jadi nambah pengetahuan nih…
    Makasih Diajeng.. :)

    (Diajeng : sami-sami A’ :)

  4. Wah, bakal gag ya ku nikah ma orang jawa?

    (Diajeng : ya cari aja mas :)

  5. Wah, mantap nih diajeng… Ini ilmu kayak gini, di rumah, yang tahu cuma Bapak. Jadi inget saat meminang calon istri, Bapak menggunakan kalimat-kalimat itu, yang sering saya sebut dengan wayangan.. Subhaanallah. Indahnya sastra jawa. Tapi dri segi adar pernikahan ala jawa, ada yang tidak saya stuju, dan alhamd tidak kami lakukan saat pernikahan kami, karena kurang sesuai dengan agama…

    (Diajeng : Ya..prosesi yg lengkap biasanya di kraton..memang jika adatnya bertentangan dengan agama ya sebaiknya tidak digunakan :)

  6. keenam,

    (Diajeng : ke enam dapet minum :)

  7. wahhhhhh….kayaknya enak menikah…
    kapan ya nikah?

    (Diajeng : kapan hayo..kasih undangan ya.. :)

  8. wew.. baru tau saya..
    nice inpo buu.. he..he.

    (Diajeng : cami-cami mas her.. :)

  9. waktu nikahan kemarin tidak pakai adat seperti itu, berhubung sudah lama tinggal di Jakarta, aksi pinangan dan pernikahan tidak terlalu spektakuler…..

    (diajeng : wah kok ga ngundang-ngundang tho ? :)

  10. wuih.. meski aku jawa, kemarin nikahan ndak gitu loh, ribet de.. hehehe…
    yang penting barokah.. amiin…

    (Diajeng : iyo bener mas…kowe nikah neng banyumas tho mas ? :)

  11. whuaaa, lmyn ribet ya
    dlu waktu aq nikah cm ijab qobul aja
    btw, tukeran link yuk..

    (Diajeng : boleh…yuuk tp mana URL-nya ya…:)

  12. Ooo…gitu toh caranya kalo ngikutin aturan adat ya jeung…
    matur nuwun jeung infonya…dan salam kenal,,:)

    (Diajeng : salam kenal kembali mas…ya begitulah kira2… :)

  13. Jadi ingin nikah kembali….
    makasih dah diingat untuk bekal saat menikahkan anak nanti…
    salam superhangat

    (Diajeng : waduh jangan atuh mas…. mosok nikah meneh tho…yg lama di kemana’in… :)

  14. Aku wong Jowo, tapi ora koyo ngene nemen lho, :lol: :lol:

    (Diajeng : walah podho no mas…yo enek sing nganggo..enek sing ora…tergantung maunya gimana :)

  15. sore diajeng…
    sayangnya belum menemukan seorang putri kraton dari jawa,jeung. Blue pengennya sih dari aceh or sunda (ortu banget)

    jeung….dua hari blue setelah bekerja menghabiskan waktu di XXI bekasi tetapi u tak ku temuyi………heheh emang kagak janjian c.
    kapan nonton bareng?
    salam hangat selalu

    (Diajeng : waduhh..cieeeh maunya yg aceh ya..uhm…yg “itu” ya blue…semoga dapet dech…aku jarang ke XXI..kamu tahu kenapa..?karena aku takut gelap dan takut dingin..hehehe :)

  16. Judulnya…..
    to the point bwanget!
    (menikahlah wahai para pecinta)

    (Diajeng : memang segala sesuatu itu harus TTP mas…biar ga usah pake tebak-tebakan :)

  17. Sajake wis berpengalaman banget…
    Emang sampe seribet kui ya. Prosese dowo. Yen orang yang bersangkutan kerjo yo malah cuti beberapa minggu. hehe..

    Boso jowone jadi inget pas acara mantenan.. diiringi gamelan *gling neng glang neng glung*

    (Diajeng : hayah…kui aku moco buku dudu berdasar pengalaman…wikikikiki :P

  18. walah ini mah jadi inget waktu , di ungaran, Purwokerto, kroya and ke solo.ya .waktu di ungaran hampir saja aku jadi perwakilan pihak mempelai laki-laki untuk memberikan kata sambutan. untung ga jadi dah kalo jadi gawat lah kita aja belom merit, tapi dilampung malah kejadian neeh.

    Diaajeng, setiap adat memang ada prosesinya masing-masing di indonesia hampir ada sekitar 300 suku atau adat wah ini memang sebuah keragaman budaya. Yang terbaik adalah Adat tidak bertentangan norma-norma agama. dan tidak semua adat harus diikuti . dan pernikahan adat jawa saja berbeda-beda.

    (Diajeng : benar kak…wah pengalaman banyak nich :)

  19. adat juga boleh dikritisi seperti

    Upacara wiji dadi:Pengantin laki-laki menginjak telur dengan kaki kanannya. Wah kalo ini Gimana de?

    Postingan ini bagus , tapi waktu ke purwokerto yang lalu kok ga sedetil itu ya. kayanya singkat banget dah. tapi di ungaran sampe 3 hari tuh. waktu di binangun cuma sehari tuh. jadi pilih yang mana neeh. oke jadi inget disuapin sama istriku nanti neeh(Upacara dahar kembul) walah kok jadi ngayal ya kali aja dapet orang jawa

    (Diajeng: ya itu juga ada kak….hm…yang penting syah secara agama aja lah…:)

  20. pengalamanku tak seribet itu, yang penting ada kesepakatan antara kedua belah pihak mau bagaimana tata caranya

  21. Lama ngga mampir di blog nya diajeng .. tambah mantap aja .. kalo di surabaya ngga seseremonial gitu dipersingkat..
    njenengan dos pundi jeng ?mantun riyadin?? he he

  22. Met Pagi :) lam kenal yach

  23. walah kok mau kawin aja pake cape sih d’.

    tapi ok. jadi tau adat jawa sebenarnya. buat mas yang penting membawa rahmat dan berkah ,karena nikah adalah suci.

    salam hangat.

  24. met berakhir pekan ya diajeung
    salam hagat selalu

    besok mau ke XXI tidak?

  25. Saat menikah dulu, salah satu alasan yang ada adalah karena panggilan, tapi sayangnya bukan panggilan dari “atas”, dari Allah melainkan dari ortu, dari bunda.
    Masa mudaku habis di organisasi PLO ( pemuda lali omah ) dan suatu waktu adikku datang ke tempat kost memintaku untuk pulang. Semenjak itu riwayatku sebagai member PLO berakhir dan beberapa bulan kemudian aku menikah.
    Sungguh aku mengalami perkenalan yang relatif singkat dan belajar menautkan hati sambil berjalan.
    Alhamdulillah, Allah membantuku, membantu niat baik ini.

  26. absen lagi…
    langsung hgabuuur….

  27. Waaaakaaakakakak.. masih bulan madu yaaa.. Diajeng.. hehehe.. kabuuuuuuurrrrrrrrr.. maaf ganggu
    Salam Sayang

  28. ssstttt.. foto Diajeng yang atas apa bawah.. hehehe
    Salam Sayang

  29. ini nih…
    salah satu cara melestarikan budaya kita….
    dengan ngepost seperti ini, kita dah ikut melestarikannya lho…

    dan ini juga bisa membuka kembali ingatan kita yg sudah melupakan bahwa kita memiliki kebudayaan seperti ini…

    nice post deh…
    salam kenal yah :D
    Stop Dreaming Start Action

  30. jadi,sudah tertautkah? :)

    Sahabat, makasih atas doanya selama ini
    Insyaallah ini hari terakhir saya tuk bedrest
    Dan esok bisa kembali beraktifitas :)

    (Diajeng : cepet baikan ya A’ jangan lama2 bedrest-nya :)

  31. hehehe .. saya dah ngalami .. cape juga ternyata.
    tapi saya ndak hapal urutannya begini ..
    mesti ngapalin nggak yaa buat Zia nanti? :)

  32. diajeung sahabatku………….
    gimana cabar malam ini?
    semoga sehat selalu yah ( kayak surat suratan yah heheh…..itulah keanehan blue hehehe….)

    kapan ke bekasi lagi?
    salam hangat selalu

  33. berkunjung……
    mari saling kunjung mengunjungi

  34. kalo saya kan campuran dari jawa-sunda, musti gimana ya nanti upacara adatnya?

  35. Kan kunikahi kau dengan Bismillah.. wahai Wanita yang membuat para bidadari cemburu padamu ^_^

  36. walah nganti apal mbak
    lha mbak ajeng ki wes ngalami prosesi niku dereng :D

  37. Hmm..
    Menikah memang ibadah paling menyenangkan..
    Hehehe..
    Met knal ya ce.. :D

  38. Pengen Nikah sama dia…
    Tapi aku masih SMk ,,,
    belum kerja..

    Makan apa anakku nanti?
    nak maafkan bapakmu ini ya?

  39. Hehehe.. bulan madunya belum beres yaaaaa.. :mrgreen:

  40. mets sore ade…,

    mau dikirim kado apa??

  41. HHmm….Tentang saya juga nich jadinya……..

  42. kunjuk dumateng pengarang ingkang kawulo hurmati, kulo meniko mung pinarak mriki ningali tok…..<<<—jowo ra njawani,, susah e ngmong kromo…..

  43. comentku kok ga keluar ya?

  44. oalah…. ntu ta artinya nontoni…

  45. kalau sama keturunanan darah biru berbeda nggak mbak sama yang rakyat jelata?

  46. maaf,

    nitip pesen buat semuanya; ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan ‘Borobudur’ lagi! (he.. he..)

  47. diajeung
    pa cabar?
    salam hangat selalu

  48. Diajeng aku mampir lagi, kangennnnnnn……. Waktu pernikahanku kayaknya hampir sama deh, padahal kan dikampung.

  49. de diupdate atuh , nulis lagi ya. ditunggu ah.jangan lama-lama
    ya.

    Bagaimana hati agar tertaut kepada sang kekasih?
    contoh judul

    atau

    Bagaimana cara mencintai sang penjaga hati?
    atau aku ingin mencintaiku namun …..

    atau apa sajalah ….

  50. Apdeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  51. nda… permintaannya udah diturutin tuch ;)
    muup ya baru bisa penuhin harapan nda..

  52. jian komplittt…
    *catet ah, barangkali yad bisa nikah lagi*

  53. sampurasun…..de.

  54. Berkat doamu, A makin baikan :)

    (Diajeng : Alhamdulillah..amin :)

  55. up date, dong….
    please….

    (Diajeng : sudah mas :)

  56. Belum di ijinin mas orang tua… :D

    (Diajeng : nanti suatu saat pasti dapet ijin..sabar aja :)

  57. Hati yang terpaut itu telah terlepas……

    Inilah ke-khas-an Indonesia… Upacara adat pasti ada dari ujung barat sampe ujung timur…

    Itu sekalian promo ya picnya? Hehehehe

    (Diajeng : walah itu bukan pict saya kok :)

  58. About me nya sebelah mana ya? Ko tampak tidak terlihat….
    Tukeran link ya mba ajeng… :)

    (Diajeng : ada di sang penjaga hati. tuker link? ok segera di pajang. makasih ya :)

  59. [...] Sahabat- sahabat sekalian mudahan-mudahan dengan daftar Alamat kua jakarta ini, mempermudah anda untuk mencari informasi .Selamat menikah , bila sudah siap baca di sini [...]

    (Diajeng : makasih kak :)

  60. Entahlah malam ini , ku terbangun dari mimpiku. Mungkinkah Dia terpaut denganku setelah hati ini telah kuserahkan padanya. Entahlah apa yang terjadi dengan hari esok … Sebuah kegundahan ..

    (kak mirzam : apa khabar kak….lagi bisnis kue brownis ya ? :)

  61. Saat hati telah terpaut dan telah siap, menikahlah, I like it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: